MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS III SDK EFRATA SAWANG
Keywords:
Pemahaman Siswa, Metode Demonstrasi, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas III SDK Efrata Sawang melalui penggunaan metode demonstrasi sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama dua siklus sekaligus dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SDK Efrata Sawang kelas III. Pada Siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh persentase ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal belum mencapai indikator, sehingga perlu diadakan siklus II. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal juga meningkat sebesar 25% dari 65% pada siklus II menjadi 90%. Oleh karena itu pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode demonstrasi sebagai metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDK Efrata Sawang.