PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Explicit InstructionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Tondono dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukan oleh Kemmis dan Taggart. Tahapan penelitian tindakan kelas (PTK) pada suatu siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Adapun hasil persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I mencapai 66,3%. Tingkat ketuntasan belajar siswapun meningkat dengan sejumlah 10 siswa mampu tuntas dalam proses belajarnya dan 2 diantaranya mencapai skor 100. Sedangkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat cukup signifikan pada siklus II yang mencapai 91,08%. Tingkat ketuntasan belajar siswapun meningkat dengan sejumlah 23 siswa mampu tuntas dalam proses belajarnya. Berdasarkan pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Tondano.