PENGGUNAAN MEDIA BAGAN PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Bagan Pernapasan, Hasil Belajar Siswa, IPAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan media bagan pernapasan pada manusia, dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media bagan pernapasan siswa kelas V SDK Ebenhaezer Melonguane. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang merupakan suatu jenis penelitian yang berbasis kepada kelas. Desain rancangan Penelitian Tindakan Kelas secara umum mencakup empat langkah, yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan atau pelaksanaan, 3) observasi atau pengamatan, dan 4) refleksi. Keempat langkah ini dilakukan secara berurutan dan diidentifikasi menjadi sebuah siklus. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya menggunakan analisis data kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dari lapangan dianalisis ke dalam bentuk deskriptif.
Hasil kegiatan penelitian menunjukkan bahwa hasil siklus I sebesar 66,67% siswa atau 20 siswa yang belum tuntas belajar, dan 33,33% siswa atau 10 siswa yang sudah tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 62,6, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 96,67% siswa atau 29 siswa yang telah tuntas belajar dan 3,33 siswa atau 1 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 92,67. Hasil penelitian ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media bagan penapasan siswa kelas V Sekolah Dasar.