PENINGKATAN KETERAMPILAN DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR DAN ALAT PERAGA YANG RELEVAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Keterampilan, Menulis Karangan, Media Gambar, Alat PeragaAbstract
Hasil Belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tataaran masih rendah, yaitu 60 Angka ini masih jauh dari angka KKM untuk siswa SD Negeri 2 Tataaran yaitu 70. Hal ini disebabkan antara lain belum ditemukannya pendekatan/metode/teknik pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan, antara lain: (1) agar siswa dapat menguasai materi dan (2) agar siswa dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Usaha pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan Metode gambar dan Alat Peraga. Pembelajaran tersebut dibagi dalam sejumlah kegiatan, yaitu; (1) pendahuluan, yang meliputi pemberian motivasi berkaitan dengan kegiatan materi Bahasa Indonesia, (2) kegiatan inti, yaitu belajar dengan gambar dan Alat Peraga, dan (3) penutup, yaitu evaluasi atau pengukuran hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran yang menggunakan metode gambar dan Alat Peraga dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Tataaran meningkat dari 7,33 ke 8,09 dan (2) terjadi perubahan minat, motivasi, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran.