PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kartini Ester Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara

Keywords:

Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar Matematika, Kuantitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD GMIM 1 Kakaskasen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Desain penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini Quasi Eksperimen dengan desain Pre-test dan Post-test. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas tersebut akan diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen akan diberi perlakuan dengan mengajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME).

Dari data hasil penelitian menggambarkan bahwa thitung dalam pengujian hipotesis sebesar 6,029 dengan ttabel 2,085. Berdasarkan data tersebut untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan kriteria untuk derajat kebebasan dari tes signifikansi ttabel adalah N1 + N2 – 2 = 21 + 21 - 2 = 40, dasar taraf signifikansi 5%. Jadi ttabel = 2,085. Kesimpulannya Karena thitung = 6,029 > ttabel = 2,085 maka tolak  dan terima

Kriteria pengujian Ha diterima jika thitung lebih besar dari pada ttabel, berarti H0 ditolak. Begitu juga sebaliknya H0 diterima jika thitung lebih kecil dari pada ttabel, berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Oleh karena pengujian Ha diterima jika thitung lebih besar dari pada ttabel, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas ekperimen dan hasil belajar siswa kelas control. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-05-09