PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kartini Ester Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara

Keywords:

Pengurangan Pecahan, Pendekatan Matematika Realistik, Kertas Origami

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang kajian objeknya bersifat abstrak. Sementara karakteristik siswa D rata-rata masih pada tahap perkembangan operasional konkret, sehingga diperlukan pembelajaran yang membantu siswa dalam mengkonkretkan materi matematika yang abstrak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.

Dari pelaksanaan siklus I diperoleh nilai performansi guru sebesar 78,26 (B). Pada siklus II, nilai performansi guru meningkat menjadi 87,97 (A). Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 68,35% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,9%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 82,89 dengan persentase tuntas klasikal sebesar 85,29%. Sementara, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 90,46 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 91,18%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik berbantuan kertas origami dapat meningkatkan kualitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas IV SDN Inpres 12/79 Sereh Kabupaten Kepulauan Talaud

Downloads

Published

2022-11-11