Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Praktikum Materi Konsep Asam Basa

Authors

  • Ayu Salfira Repi Universitas Negeri Manado
  • Soenandar Milian Tompunu Tengker Universitas Negeri Manado
  • Septiany Christin Palilingan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Classroom Action Research Motivation Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode praktikum yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Motoling Timur, yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket dan post-test. Hasil penelitian menujukkan bahwa dengan metode praktikum terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Yaitu dari hasil pra siklus terjadi peningkatan, dari 48,07%, meningkat menjadi 68% pada siklus I. pada siklus II dengan perbaikan Tindakan berupa kegiatan pembelajaran dengan cara siswa dibagi beberapa kelompok, siswa melakukan praktikum sesuai dengan materi pembelajaran yaitu asam basa, siswa bekerja sama, siswa mengumpulkan hasil praktikum dan membuat kesimpulan dengan bimbingan dari awal sampai akhir kegiatan praktikum, terjadi peningkatan dari 68% meningkat menjadi 72,71%. Hasil penelitian juga menjukkan bahwa dengan menggunakan metode praktikum tidak hanya terjadi peningkatan pada motivasi belajar siswa, namun juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Yaitu dari hasil post-test siklus I 71,42% meningkat menjadi 85,71% pada post-test siklus II. Sehingga proses pembelajaran menggunakan metode ptaktikum berhasil.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Repi, A. S., Tengker, S. M. T., & Palilingan, S. C. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Praktikum Materi Konsep Asam Basa. General Chemistry Journal, 1(2), 50-54. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/general-chemistry/article/view/7530

Issue

Section

Articles