Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kakas

Authors

  • Freetje Waworuntu Universitas Negeri Manado
  • Rifilia Meilita Lohonauman Universitas Negeri Manado
  • Jenny Kumajas Universitas Negeri Manado

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Kakas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif pre eksperiment yaitu one group pretest-posttest design. Di awal pembelajaran siswa diberikan pretest sesudah itu diterapkan model pembelajaran POGIL serta pada akhir pembelajaran siswa diberikan posttest. Data penelitian ini diambil dari kelas XI IPA 2 secara acak melalui teknik random assignment (penandaan kelas) dengan jumlah siswa 24 orang. Adapun untuk analisis data penelitian ini digunakan uji persyarat yaitu uji normalitas. Hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil belajar pretest-posttest menunjukkan bahwa sampel tersebut berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test di taraf nyata α=0,05 didapatkan thitung=17,454, ttabel=2.074. Jadi, karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan tolak H0 dan terima H1. Hasil uji N-Gain Score didapatkan nilai=0,608 tergolong kriteria sedang dan presentase efektivitas=60,8% termasuk kriteria cukup efektif. Oleh karena itu, diberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran POGIL efektif terhadap hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Kakas.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Waworuntu, F., Lohonauman, R. M., & Kumajas, J. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kakas. General Chemistry Journal, 1(2), 39-43. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/general-chemistry/article/view/7532

Issue

Section

Articles