Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kakas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Kakas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif pre eksperiment yaitu one group pretest-posttest design. Di awal pembelajaran siswa diberikan pretest sesudah itu diterapkan model pembelajaran POGIL serta pada akhir pembelajaran siswa diberikan posttest. Data penelitian ini diambil dari kelas XI IPA 2 secara acak melalui teknik random assignment (penandaan kelas) dengan jumlah siswa 24 orang. Adapun untuk analisis data penelitian ini digunakan uji persyarat yaitu uji normalitas. Hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil belajar pretest-posttest menunjukkan bahwa sampel tersebut berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test di taraf nyata α=0,05 didapatkan thitung=17,454, ttabel=2.074. Jadi, karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan tolak H0 dan terima H1. Hasil uji N-Gain Score didapatkan nilai=0,608 tergolong kriteria sedang dan presentase efektivitas=60,8% termasuk kriteria cukup efektif. Oleh karena itu, diberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran POGIL efektif terhadap hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Kakas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Freetje Waworuntu, Rifilia Meilita Lohonauman, Jenny Kumajas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry Journal is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.