Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tompaso
Keywords:
CTL Learning Model, Learning Outcomes, Acid-BaseAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi asam basa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tompaso pada tahun ajaran 2022/2023. Sebanyak 20 siswa kelas XI MIPA 2 ditetapkan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dimana diberikan pretest disaat sebelum memberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan model CTL. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test serta n-gain. Hasil uji t-test didapatkan thitung > ttabel 23,52 > 2,09, dapat disimpulkan untuk tolak H0 dan terima H1. Adapun hasil perhitungan untuk N-gain score di peroleh nilai = 0,65 dengan kategori sedang dan presentase efektivitas diperoleh = 65,3 % dengan kategori cukup efektif . Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL secara signifikan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Tompaso.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadia Seyli Langi, Djefri Tani, Jeanne Maria Tuerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry JournalĀ is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.