Penerapan model pembelajaran Probing prompting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Remboken
Keywords:
Learning outcomes, Probing Prompting, Chemical BondsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dari
penerapan model pembelajaran Probing Prompting pada hasil belajar siswa di
SMA Negeri 1 Remboken pada materi ikatan kimia tahun ajaran 2023/2024.
Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI-Kimia B terdiri dari 13
peserta didik sebagai kelas kontrol dan XI-Kimia A terdiri dari 13 peserta
didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
hasil belajar dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Data hasil
penelitian dianalisis menggunakan Uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan
diperoleh hasil thitung = 2,80 > ttabel = 1,77 yang berarti uji hipotesisnya yaitu H0
ditolak dan H1 diterima. Maka penggunaan model pembelajaran Probing
Prompting pada materi ikatan kimia kelas XI mengalami peningkatan pada
hasil belajar peserta didik yang didukung dengan rata-rata nilai post-test pada
kelas eksperimen (model Probing Prompting) yaitu 82,30 sedangkan untuk
kelas kontrol (model konvensional) yaitu 75,38. Dari hasil yang didapatkan
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran Probing Prompting untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada materi ikatan kimia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raldi Taroreh, Sofia S Krisen, Johny Z. Lombok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry JournalĀ is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.