Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantu Lembar Kerja Know, Want, Learning (KWL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Airmadidi

Authors

  • fintan wulandari UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Soenandar M. T. Tengker Universitas Negeri Manado
  • Marlina Karundeng Universitas Negeri Manado

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu lembar kerja Know, Want, Learning (KWL)  terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dan kelas eksperimen XI MIPA 3 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dengan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen = 94,48 sedangkan pada kelas kontrol = 70,19. Data dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik uji-T pada taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Thitung = 13,95 dan Ttabel = 2,00 yang berarti dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima karena terdapat pengaruh setelah penggunaan model pembelajaran PjBL Berbantu lembar kerja KWL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan ikatan  kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Airmadidi.

Published

2024-04-15

How to Cite

wulandari, fintan, Tengker, S. M. T., & Karundeng, M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantu Lembar Kerja Know, Want, Learning (KWL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Airmadidi. General Chemistry Journal, 2(1), 1-7. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/general-chemistry/article/view/8299

Issue

Section

Articles