Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantu Lembar Kerja Know, Want, Learning (KWL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Airmadidi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu lembar kerja Know, Want, Learning (KWL) terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa dan kelas eksperimen XI MIPA 3 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dengan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen = 94,48 sedangkan pada kelas kontrol = 70,19. Data dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik uji-T pada taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Thitung = 13,95 dan Ttabel = 2,00 yang berarti dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima karena terdapat pengaruh setelah penggunaan model pembelajaran PjBL Berbantu lembar kerja KWL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan ikatan kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Airmadidi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 fintan wulandari, Soenandar M. T. Tengker, Marlina Karundeng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry Journal is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.