Hubungan persepsi Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Argumentasi Ilmiah Dengan Hasil Belajar Kimia

Authors

  • susanti djubale Unima
  • Sanusi Gugule Universitas Negeri Manado
  • Meytij J Rampe Universitas Negeri Manado

Keywords:

Student Perception, Scientific Argumentation, Learning Outcomes, Hydrocarbon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi siswa pada penerapan Model Pembelajaran Argumentasi Ilmiah dengan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pra eksperimen dengan desain one case study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Manado kelas XI-K tahun ajaran 2023/2024 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar posttest setelah melaksanakan pembelajaran dan angket persepsi siswa setelah tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,685 dengan nilai koefisien determinan sebesar 46,92%. Nilai thitung > ttabel (3,985 > 1,734) sehingga ada hubungan yang positif antara model pembelajaran argumentasi ilmiah dengan hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon.

Published

2024-06-14

How to Cite

djubale, susanti, Gugule, S., & Rampe, M. J. (2024). Hubungan persepsi Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Argumentasi Ilmiah Dengan Hasil Belajar Kimia. General Chemistry Journal, 2(2), 40-44. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/general-chemistry/article/view/8465

Issue

Section

Articles