Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Discovery Learning, Learning OutcomesAbstract
Penelitian dalam skripsi ini didasari oleh hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tondano pada materi stoikiometri yang dicapai masih di bawah KKM sekolah yaitu 75. Upaya untuk mengatasi hasil belajar siswa yang kurang maksimal tersebut, yaitu dengan menggunakan model pembalajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tondano pada bulan April-Mei di semester genap 2022/2023. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian yang menggunakan dua kelompok, ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut setelah perlakuan. Sebelum dilakukan perlakuan siswa diberikan tes awal (pretest) dan setelah dilakukan perlakuan siswa diberikan diberikan tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 2 Tondano dan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, tes dalam hal ini pretest dan posttest. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis uji-t pada taraf nyata (α) = 0.05 didapat : thitung = 4.87 dan ttabel = 2.0066. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran discoveri learning dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 jeniver martina manatar, I Dewe Ketut Anom, Abdon Saiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
General Chemistry Journal is published and distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests, as long as they attach credit to the author for the original creation.