Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri di SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • jeniver martina manatar unima
  • I Dewe Ketut Anom
  • Abdon Saiya Universitas Negeri Manado

Keywords:

Discovery Learning, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini didasari oleh hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tondano pada materi stoikiometri yang dicapai masih di bawah KKM sekolah yaitu 75. Upaya untuk mengatasi hasil belajar siswa yang kurang maksimal tersebut, yaitu dengan menggunakan model pembalajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri di SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tondano pada bulan April-Mei di semester genap 2022/2023. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian yang menggunakan dua kelompok, ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut setelah perlakuan. Sebelum dilakukan perlakuan siswa diberikan tes awal (pretest) dan setelah dilakukan perlakuan siswa diberikan diberikan tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 2 Tondano dan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan Kelas X-B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, tes dalam hal ini pretest dan posttest. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis uji-t pada taraf nyata (α) = 0.05 didapat : thitung = 4.87 dan ttabel = 2.0066. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran discoveri learning dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional

Published

2024-01-31

How to Cite

manatar, jeniver martina, Anom, I. D. K., & Saiya, A. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri di SMA Negeri 2 Tondano. General Chemistry Journal, 2(1), 35-39. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/general-chemistry/article/view/8498

Issue

Section

Articles