Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  • Naskah ditulis dengan menggunakan program Microsoft Word (MS Word)
  • Naskah ditulis dengan menggunakan format JEMTech

Author Guidelines

1. Journal of Education Method and Technology (JEMTech) adalah jurnal pada bidang ilmu pendidikan dan teknologi dan bidang ilmu relevan yang lainnya. Artikel yang dipulikasikan pada jurnal ini adalah artikel yang belum dipublikasi pada jurnal lain. Naskah ditulis pada Microsoft Word (MS Word) dengan jenis Font Times New Roman dengan ukuran 10, menggunakan kertas A4, dengan maksimal 12 sampai 15 halaman.

2. Naskah yang akan dimasukkan pada jurnal ini dapat ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

3. Naskah harus mengikuti template yang dapat didownload di sini.

4. Sekali lagi dilarang melakukan duplikasi naskah, febrikasi, dan plagiarism.

5. Naskah harus dicek tingkat plagiarismenya dengan menggunakan Turnitin dan maksimal tingkat plagiarisme adalah 25% dari bagian abstrak sampai simpulan.

6. Sistematika penulisan naskah terdiri dari: Judul, nama Penulis dan email serta afiliasinya, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Saran dan Referensi.

7. Judul harus berisi variabel penting dalam penelitian dengan jumlah 12 kata yang tidak disingkat dan ditulis menggunakan font Times New Roman dengan font size 18.

8. Nama, email dan afiliasi penulis harus ditulis dengan benar dan konsisten, baik dalam OJS maupun dalam naskah. Afiliasi penulis harus lengkap berisi nama departemen, universitas dan negara. Semua penulis dalam naskah harus terdaftar atau diketik dalam OJS saat mengisi "Penulis" dalam proses pengiriman naskah.

9. Abstrak ditulis dalam 1 paragraf sekitar 150-200 kata tanpa lekukan baris pertama dengan 1 spasi dan font size 9. Abstrak ditulis dengan menggunakan gaya tulisan tersruktur sebagai berikut tetapi tanpa judul yaitu (1) latar belakang, (2) metode, (3) hasil, dan (4) implikasi. Abstrak harus menjadi representasi objektif dari naskah artikel. Setelah abstrak dituliskan kata kunci dalam yang menjadi inti dari abstrak tersebut. Abstrak ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

10. Pendahuluan harus jelas dan ditulis secara deskriptif. Pendahuluan sebaiknya memuat hal-hal berikut: (1) isu yang berkaitan dengan penelitian, (2) bagaimana tanggapan peneliti terhadap isu terkait, (3) bagaimana penelitian sebelumnya terhadap isu yang disajikan, (4) bagaimana kebaruan atau kesenjangan penelitian yang dilakukan didukung oleh teori yang relevan dan bersumber dari sumber utama, (5) deskripsikan penelitian ini penting untuk dilakukan, dan (6) bagaimana fokus dan tujuan penelitian dilakukan.

11. Metode harus dijelaskan dengan rincian yang cukup untuk memungkinkan orang lain untuk mereplikasi dan membangun hasil yang dipublikasikan. Bagian ini menjelaskan desain dan model penelitian yang diterapkan, populasi, dan penelitian sampel atau peserta, instrumentasi penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

12. Hasil dan Pembahasan disajikan dengan cara jelas dan terperinci. Hasil penelitian dipisah dengan bagian pembahasan. Bagian hasil dapat dipresentasikan berdasarkan hasil penelitian pada setiap tahap penelitian atau menjawab setiap rumusan masalah atau lainnya selama hasil penelitian yang telah dilakukan terlihat. Hasil penelitian harus didukung oleh bukti empiris bisa dalam bentuk gambar, tabel, dan deskripsi. Sedangkan pada bagian pembahasan, penulis harus membahas secara detail hasil temuan yang disajikan pada bagian hasil. Bagian ini menyajikan temuan dan implikasinya yang dibahas dalam konteks seluas mungkin serta dapat mengarah ke penelitian selanjutnya.

13. Kesimpulan harus menggambarkan secara keseluruhan pada penelitian yang sudah dibuat. Penulis harus memberikan atau menyampaikan intisari dari pembahasan yang telah dijabarkan. Kesimpulan dituliskan dalam satu paragraf tanpa adanya penomoran.

14. Saran merupakan bagian dimana penulis menuliskan kekurangan serta masukkan bagi penelitian lanjutan dari penelitian yang sudah dilakukan.

15. Referensi harus dituliskan secara berurut tergantung pada urutan yang muncul pada penulisan artikel. Sitasi dan referensi harus berurut dari nomor satu sampai terakhir kutipan. Referensi ditulis dengan menggunakan Format Harvard.

16. Gambar dan Tabel. Karena gambar dan tabel merupakan bagian yang tidak terpisah dan menjadi bukti penguatan pada penulisan naskah maka semua gambar dan tabel harus dirujuk pada naskah. Penulis juga harus menjelaskan kepada pembaca melihat gambar atau tabel mana yang dirujuk.

Gambar:

  1. Semua gambar yang muncul pada naskah harus ada nomor dan berurut sesuai dengan urutan yang muncul pada naskah.
  2. Setiap gambar harus mempunyai judul atau keterangan untuk menjelaskan gambar tersebut.
  3. Judul gambar direpresentasikan sebagai paragraf dimulai dengan gambar nomor. contohnya: Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya.
  4. Judul gambar dibagian bawah gambar.
  5. Setiap gambar yang dirujuk pada penelitian sebelumnya harus ada pada bagian referensi.
  6. Semua gambar harus dirujuk pada penulisan naskah. Gambar yang dirujuk harus muncul setelah ditulis pada naskah.

Tabel

  1. Semua tabel dalam naskah harus mempunyai nomor berurut sesuai urutan tabel yang muncul dalam naskah.
  2. Setiap tabel harus mempunyai judul atau keterangan yang menjelaskan tabel tersebut yang dituliskan dengan kata tabel nomor. Contohnya: Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya.
  3. Tabel yang dimuat pada naskah harus berisi judul dan isi tabel dan direpresentasikan dalam bentuk horizontal.
  4. Semua tabel yang didalam naskah harus dirujuk pada penulisannya.
  5. Setiap tabel yang dirujuk pada penelitian sebelumnya harus ada pada bagian referensi.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.