Pengembangan Video Promosi Pariwisata Kabupaten Minahasa Tenggara Menggunakan Kamera 360 Derajat dengan Teknik Natural Light
Keywords:
Video Promosi, Natural Light, 360 DerajatAbstract
Kabupaten Minahasa Tenggara memiliki destinasi wisata berupa keindahan alam yang cukup banyak. Namun tak hanya itu, Kabupaten Minahasa Tenggara juga memiliki destinasi wisata berupa sejarah dan kesenian. tidak hanya dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan namun juga pemanfaatannya dalam sektor pariwisata seperti Aer Konde, Pantai lakban dan terminal transit Gunung Soputan. Upaya promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa Tenggara masih belum dapat menjangkau calon wisatawan dikarenakan kurangnya informasi dan belum adanya media promosi yang digarap secara serius. Pembuatan video promosi pariwisata menggunakan 360 derajat dirasa menjadi pilihan yang tepat guna membuat video promosi sebagai media bantu promosi objek wisata Aer Konde, Pantai Lakban dan Terminal transit Gunung Soputan. Video yang di ambil menggunakan kamera 360 derajat dengan Teknik natural light dan Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cicle). Dalam pengujian untuk kelayakan video menggunakan kuesioner atau angket dan dihitung dengan skala likert untuk mengetahui kelayakan video sebelum didistribusikan.
References
Degey, S. (2016). Perancangan Video Promosi Pariwisata Kab. Nabire.
Facebook Help Center. (n.d.). Bagaimana Cara Mengunggah Video 360?. Diambil dari https://www.facebook.com/help/828417127257368 diakses tanggal 30 Oktober 2023.
GORA S, W. (2006). Editing Video Menggunakan Adobe Premiere Pro.
Habibi, M. Y. (2017). Perancangan web series video 360° sebagai media promosi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.
Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan.
Indriyani, S. &. (2023). Pengembangan Video 360 Derajat untuk meningkatkan keterampilan mendirigen lagu nasional.
M. Maimunah, L. S. (2012). “MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology).
Meyer, R. E. (2001). Multimedia Learning.
Murwaningrum, D. (2019). Pemanfaatan Opensource Freeware Audacity Sebagai Pendukung Media Edukasi .
Riandito, A. R. (2012). Efisiensi energi pada ruang perpustakaan fakultas teknik sipil dan perencanaan universitas islam indonesia melalui optimasi pencahayaan alami dan buatan. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Ridwan, M. (2012). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata.
Saputra, H. (2024). Pengembangan Virtual Tour dengan Teknologi Video 360 Derajat di Desa Wisata Aik Berik Lombok Tengah.
Saputro, E. R. (2022). Pengembangan Media Video 360 Derajat Dengan Materi Sejarah Masuknya Agama Islam Di Indonesia Guna Meningkatkan Wawasan Sejarah Lokal Siswa Kelas X MAN 3 Nganjuk.
Sasongko, D. N. (2022). IMPLEMENTASI TEKNIK TIME LAPSE DAN LIVE SHOOT 360 DERAJAT UNTUK PEMBUATAN VIDEO MEDIA PROMOSI (Studi Kasus: Bukit Pesamoan dan Igir Kandang).
Sugini, R. &. (2013). Evaluasi Tingkat Kenyamanan Visual Yang Di Tinjau Dari Aspek Pengoptimalisasian Pencahayaan Alami.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D.
Wulandari, D. C. (2019). Perancangan iklan pada wisata water byur Gunungkidul menggunakan teknik liveshoot dan motion graphic.