Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Talaud
Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, AIJAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajara Teknologi Layanan Jaringan siswa Jurusan XI TKJ SMK Negeri 1 Talaud yang menggunakan metode Discovery Learning dengan yang tidak menggunakan metode Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dimana dalam penelitian quasi eksperimen ada perlakuan (treatment). Dimana metode eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar Teknologi Layanan Jaringan siswa. Sampel yang diambil yaitu siswa kelas XI TKJ 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang, dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi Administrasi Infrastruktur Jaringan siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Talaud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran demonstrasi berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar Mengevaluasi dan Mengkonfigurasi routing statis siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Talaud. (2) Penggunaan pembelajaran discovery setelah ditransformasikan kedalam uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,676 > 1,725 pada α = 0,05 dk = n - 2 berarti menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis normal (H0). Dengan kata lain bahwa penggunaan pembelajaran model discoveri learning dapat meningkatkan hasil belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan materi Mengevaluasi dan Mengkonfigurasi routing statis siswa kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Talaud. (3) Karena thitung lebih besar dari ttabel atau 3,676 > 1,725 maka Menerima Ha dan menolak H0, dan artinya Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan materi Mengevaluasi dan Mengkonfigurasi routing statis di SMK Negeri 1 Talaud.
References
Abdurrakhman Gintings. 2008. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung. Humaniora.
Ahmad Sabri. 2005. Strategi belajaran dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching
Akhmad Efendi. 2012. Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X SMK Diponegoro Yogyakarta Sleman. Skripsi. Fakultas Sais dan Teknologi UIN.
Asep, Abdul. 2013. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi pressindo Ardiani Mustikasari. 2008. Mengenal Media Pembelajaran. Artikel.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan.PT. Rineka Cipta. Bandung
B. Uno, Hamza. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakartan: PT Rineka Cipta. Djaramah dalam Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.