Efektivitas Apersepsi Guru Informatika dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • Ritha Charelina Lalagat Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Verry Ronny Palilingan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Efektivitas, Apersepsi, Motivasi Belajar

Abstract

Kegiatan apersepsi adalah menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dari awal dimulai pelajaran hingga masuk ke inti materi. Sehingga siswa akan termotivasi, bersemangat dan mudah menerima materi pelajaran yang akan dipelajari pada hari itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efektivitas apersepsi guru informatika dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan jenis penelitian ex post facto dibantu dengan SPSS IMB versi 25. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tondano yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan (1) Terdapat hubungan antara efektivitas apersepsi guru informatika dengan motivasi belajar siswa dengan sumbangan apersepsi guru informatika sebesar 13, 54 % dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. (2) Apersepsi yang diberikan guru informatika pada motivasi belajar siswa sangat efektif. Hal ini dapat memberikan implikasi bahwa dengan adanya efektivitas apersepsi guru kepada siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Informatika di SMA N 2 Tondano

References

Amelia, R. (2023). APERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SOPPENG. Journal of Applied Linguistics and Literature, 31-43.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar. Medan: CV.Pusdikra MJ.

Mariska. (2020). EFEKTIVITAS PEMBERIAN APERSEPSI DAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN GAYA SMP NEGERI 13 PURWOREJO. Radiasi, 160-165.

Rukminingsih. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Pangkuwati, I. F. (2018). Dampak Penguatan Apersepsi dan Pemberian Tugas terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Unnes Physicc Education Journal, 11-17.

Pratama, B. L. (2023). Pengaruh Apersepsi Fun Story Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Peluang. VARIABEL, 6 (2), 89-97

Purnomo, R. A. (2016). ANALISIS STATISTIK EKONOMI DAN BISNIS DENGAN SPSS. PONOROGO: CV.WADE GROUP.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia

Sudrajat, & Didi. (2020). PENGANTAR STATISTIKA PENDIDIKAN. SURAKARTA: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya.

Sugioyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suparmono. (2018). Pengolahan Data Statistika Dengan SPSS. YOGYAKARTA: LMP2M-STIM YKPN.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Uno, H. B. (2021). TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA. Jakarta: Bumi Akasara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Lalagat, R. C., Palilingan, V. R., & Togas, P. V. (2024). Efektivitas Apersepsi Guru Informatika dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tondano. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 82-88. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/11328

Issue

Section

Articles