Pengaruh Pendekatan TPACK pada Pembelajaran Informatika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Kristen 3 Tomohon
Keywords:
Pendidikan TPACK, Quast Eksperimental, Nonequivalent Control Grup DesignAbstract
Sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan karena perkembangan jaman. Maka dari itu dilakukanlah berbagai usaha pembaharuan dalam pendidikan yang ada di Indonesia dengan mengemukakan beberapa metode pembelajaran serta peralatan yang dapat memberikan semangat belajar bagi para siswa. Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu pendekatan yang dikembangakan untuk membuat pendidikan di Indonesia semakin berkembang mengikuti jaman. Konsep Tpack ini yaitu menggabungkan tiga dimensi penting, yaitu teknologi, pedagogi, dan pengetahuan konten. Dalam mengintegrasikan TPACK, guru diupayakan dapat memadukakan ketiga dimensi secara senergis sehingga dapat merancang dan memberikan pembelajaran yang efektif. Manfaat dalam penggunaan TPACK ini dapat membantu guru menjadi inovatif dalam pendekatan pembelajaran dan memungkinkan bagi mereka dalam memanfaatkan teknologi secara efektif untuk meningkat pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran TPACK (technological Pedagogical Content Knowledge) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika di kelas X SMK Kristen 3 Tomohon. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen (diberlu perlakuan TPACK) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional).
References
Aditama V, P. R. (2020). Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Perangkat Pembelajaran Daring Guru Bahasa Indonesia. Basastra, 196-209.
Archambault L M, B. J. (2010). Revisiting Technological Pedagogical Content Knowledge: Exploring The TPACK Framework. Computers & Education, 1656-1662.
Busono T, H. D. (2019). Luther’s Model Implementation On Multimedia Development For Building Construction Subject In Vocational High School (SMK). ICTVET.
Elya Hanik, D. P. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital . JEID: Journal of Educational Integration and Development.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Joko Sumyanto, M. M. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT, KNOWLEDGE) GURU BIOLOGI SMA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. INKURI: Jurnal Pendidikan IPA, 44-53.
Koehler M, M. P. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. In Handbook Of Research On Educational Communications And Technology, 101-111.
Lesmana C, L. S. (2020). Kesiapan SMK dalam mengimplementasikan mata pelajaran pada kurikulum 2013 di Kecamatan pontianak timur. Jardiknas: Jurnal Pendidikan dan sosial, 1-9.
Marice M, P. I. (2019). Pengembangan media pembelajaran pemahaman membaca bahasa prancis setara A2 berbasis TPACK. Media didaktika, 1-8.
Muhadjir, E. (2020). Informatics Learning Pembelajaran Matematika interaktif berbasis android pada materi dimensi tiga kelas X SMA. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Pulungtana J R, D. Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 146-155.
Puspitasari. (2016). Kontribusi matematika terhadap ilmu komputer manajemen informatika politeknik indonusa surakaerta. Jurnal Penelitian dan pengabdian masyarakat, 18-25.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Soraya. (2020). Pembangunan aplikasi media pembelajaran bahasa jepang guna persiapan jlpt n5 di sma pasanudan 8 bandung berbasis android. Universitas Komputer Indonesia.
Aditama V, P. R. (2020). Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Perangkat Pembelajaran Daring Guru Bahasa Indonesia. Basastra, 196-209.
Archambault L M, B. J. (2010). Revisiting Technological Pedagogical Content Knowledge: Exploring The TPACK Framework. Computers & Education, 1656-1662.
Busono T, H. D. (2019). Luther’s Model Implementation On Multimedia Development For Building Construction Subject In Vocational High School (SMK). ICTVET.
Elya Hanik, D. P. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital . JEID: Journal of Educational Integration and Development.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Joko Sumyanto, M. M. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN TPACK (TECHNOLGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT, KNOWLEDGE) GURU BIOLOGI SMA DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. INKURI: Jurnal Pendidikan IPA, 44-53.
Koehler M, M. P. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. In Handbook Of Research On Educational Communications And Technology, 101-111.
Lesmana C, L. S. (2020). Kesiapan SMK dalam mengimplementasikan mata pelajaran pada kurikulum 2013 di Kecamatan pontianak timur. Jardiknas: Jurnal Pendidikan dan sosial, 1-9.
Marice M, P. I. (2019). Pengembangan media pembelajaran pemahaman membaca bahasa prancis setara A2 berbasis TPACK. Media didaktika, 1-8.
Muhadjir, E. (2020). Informatics Learning Pembelajaran Matematika interaktif berbasis android pada materi dimensi tiga kelas X SMA. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Pulungtana J R, D. Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 146-155.
Puspitasari. (2016). Kontribusi matematika terhadap ilmu komputer manajemen informatika politeknik indonusa surakaerta. Jurnal Penelitian dan pengabdian masyarakat, 18-25.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Soraya. (2020). Pembangunan aplikasi media pembelajaran bahasa jepang guna persiapan jlpt n5 di sma pasanudan 8 bandung berbasis android. Universitas Komputer Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susilo, G. (Desember 2016). Jurnal TRANSFORMASI, Vol. 12, No. 2, Desember 2016 : 78 - 87 . KEAMANAN BASIS DATA PADA SISTEM INFORMASI DI ERA GLOBAL .
Sutikno, M. (2014). Metode dan Model-model pembelajaran. Lombok: Holistca.
Taopan L L, D. N. (2020). TPACK Framework: Challenges and Opportunities in Efl Classrooms. Journal of Research and Innovation in Language Learning.
Vindo Feladi, H. P. (2018). Analisi Profil TPACK Guru TIK SMA di Kecamatan Pontianak Kota. Jurna Edukadi dan Penelitian Informatika.
Wijaya T. T, M. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TPACK Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Creative of Learning Students Elementary Education, 64-73.
Wijaya, T. (2019). Panduan Praktis Menyusun Silabus, RPP, Dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Noktah.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Yunus, F. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118-127.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya