Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMKS Kristen 1 Tomohon
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Desain Komunikasi Visual, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dasar desain komunikasi visual pada siswa kelas X di SMKS Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test post-test kelompok kontrol untuk membandingkan efektivitas PjBL dengan metode pembelajaran konvensional. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran menggunakan model PjBL, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran tradisional. Pengumpulan data melibatkan pre-test dan post-test, yang dianalisis menggunakan teknik statistik untuk menilai dampak PjBL terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam desain komunikasi visual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa kelas X di SMKS Kristen 1 Tomohon yang mengikuti model PjBL. Hal ini menegaskan efikasi PjBL sebagai pendekatan pedagogis dalam meningkatkan hasil pendidikan dalam desain komunikasi visual. Implikasi dari penelitian ini juga memberikan masukan bagi pengembangan metodologi pembelajaran yang inovatif dan sesuai konteks.
References
Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Buck Institute for Education, 1999` Project based Learning
Feldman, Edmund Burke, (1987), Varieties of Visual Experience, Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, N.J.
Freddy Adiono Basuki. (2000), Komunikasi Grafis untuk Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Keahlian Seni Rupa dan Kriya, Penerbit Pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Irman, M. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blanded Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 180-187.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian TindakanKelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Maylinda Ambarwati, D. K. (2022). Buku Panduan Guru Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Moursund, D. 1997. Project: Road a Head (Project-Based Learning).
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014), 197.
Preble, Duane and Sarah. (1985), Artforms, Harper and Row Publishers, Inc., New York.
Pristiwanti, D. B. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 6, 7911-7915.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Siregar, H. F. (2019). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL.
Sopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: AR ruz media
Sutanto, H. (2015). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI LULUSAN YANG DIBUTUHKAN DI. 1.
Thomas, J.W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California : The Autodesk Foundation
Triani, W., Zulkarnain, & Kurnia, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi.
Winataputra, Udin 1993, Strategi Belajar Mengajar IPA Modul 1-9 UT, Jakarta: Depdikbud.