Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Langowan
Keywords:
Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Ex Post FactoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap hasil belajar. Kecerdasan interpersonal mencakup kemampuan individu utuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Sementara kecerdasan intrapersonal merujuk pada pemahaman diri sendiri dan kemampuan mengelolah emosi. Metode penelitian menggunakan ex post facto yang artinya sesudah fakta. Dengan pengambilan data survey, sampel penelitia terdiri dari siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat kecerdasan interpersonal dan intrapersonal serta ilia hasil belajar. Temuan ini mengidentifikasikan pentingnya pengembangan kecerdasan sosial dan emosional memberikan arahan bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang memperhatikan aspek kecerdasan interpersonal dan intrapersonalguna meningkatka prestasi belajar siswa.
References
Dimyati, Mudjiono, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Goleman, E. 2015. Kecerdasan EQ. eprintsums.
Howard Gardner, Multiple Intelligences Teori dalam Praktek, Interaksara.
Iskandar. 2009. Uji Normalitas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Konting, I. 2009. nilai reliabilitas Alpha Cronbach. Jakarta: Binus University.
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penialain Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum Ar-ruzz media. Yogyakarta.
Muncarno. 2014. Statistik Pendidikan Edisi ke-4. Arthawarna. Metro-Lampung.
Prasetyo, Justinus Reza, Yeny Andriani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences. CV Andi Offset. Yogyakarta
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Santoso. 2003. Uji Homogenitas. Jakarta: JURNAL ILMIAH M-PROGRESS
Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana. Jakarta
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Penerbit Rinneka Cipta, 2015.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2019. Populasi dan Sampel. Banudung: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
Syaiful, A. 2014. Belajar. Medan: Universitas Quality.
Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat. /.