Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Langowan

Authors

  • Vebrianno Wuisan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Herry Sumual Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Keith Francis Ratumbuisang Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Ex Post Facto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menganalisis pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap hasil belajar. Kecerdasan interpersonal mencakup kemampuan individu utuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Sementara kecerdasan intrapersonal merujuk pada pemahaman diri sendiri dan kemampuan mengelolah emosi. Metode penelitian menggunakan ex post facto yang artinya sesudah fakta. Dengan pengambilan data survey, sampel penelitia terdiri dari siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tingkat kecerdasan interpersonal dan intrapersonal serta ilia hasil belajar. Temuan ini mengidentifikasikan pentingnya pengembangan kecerdasan sosial dan emosional memberikan arahan bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang memperhatikan aspek kecerdasan interpersonal dan intrapersonalguna meningkatka prestasi belajar siswa.

References

Dimyati, Mudjiono, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Goleman, E. 2015. Kecerdasan EQ. eprintsums.

Howard Gardner, Multiple Intelligences Teori dalam Praktek, Interaksara.

Iskandar. 2009. Uji Normalitas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Konting, I. 2009. nilai reliabilitas Alpha Cronbach. Jakarta: Binus University.

Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penialain Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum Ar-ruzz media. Yogyakarta.

Muncarno. 2014. Statistik Pendidikan Edisi ke-4. Arthawarna. Metro-Lampung.

Prasetyo, Justinus Reza, Yeny Andriani. 2009. Multiply Your Multiple Intelligences. CV Andi Offset. Yogyakarta

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Santoso. 2003. Uji Homogenitas. Jakarta: JURNAL ILMIAH M-PROGRESS

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana. Jakarta

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Penerbit Rinneka Cipta, 2015.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2019. Populasi dan Sampel. Banudung: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

Syaiful, A. 2014. Belajar. Medan: Universitas Quality.

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat. /.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Wuisan, V., Sumual, H., & Ratumbuisang, K. F. (2024). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Langowan. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 2(4), 76-81. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12342

Issue

Section

Articles