Pengaruh Kecerdasan Spasial dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ di SMK N 1 Tomohon
Keywords:
Kecerdasan Spasial, Intensitas Belajar, Hasil Belajar, Ex Post Facto, InformatikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spasial terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon, untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMA Negeri 1 Tomohon, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spasial dan intensitas belajar terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Spasial terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Diperoleh persamaan garis regresi Y = 0,530 X1 + 49.780 dan faktor determinasi (R2) sebesar 19,5%. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Diperoleh persamaan garis regresi Y = 0.431 X2 + 59.918 dan faktor determinasi (R2) sebesar 17,9%. 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Spasial dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon.
References
Adi W. Gunawan, Born to Be a Genius, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012), hlm.123
Amral, & Asmar. (2020). Hakikat Belajar & Pembelajaran. Bogor: Guepedia.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.
Apriani, Mengembangkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Finger Painting Kelompok B di TKIT Lukmanul Hakim Surabaya Bengkulu, (Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2013), h. 56.
Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Dalyano. 2012. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, (Surabaya : Apollo, 2006), Hlm. 141
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
DeVellis, R. F. (2016). Scale development: Theory and applications (4th ed.). Sage Publications.
Djamarah, B.S., dkk (2002), Strategi Belajar Mengajar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Djmarah, Syaiful Bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ferdinand. 2011, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Firmansyah, A. (2015). Pembelajaran Membandingkan Teks Laporan Hasil Observasi dengan Teks Deskripsi melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMA Negeri 18 Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015. (Skripsi). Bandung: Universitas Pasundan Bandung.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2011). How to design and evaluate research in education (8th ed.). McGraw-Hill Education.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Hadi, Sutrisno, 2005, Statistik Jilid 2, Yogyakarta: Andi Offset.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Hanifah dan Suhana. 2010. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Hendy Tannady, Psikologi Industri dan Organisasi, (Yogyakarta: Expert, 2018), 6.
Howard Gardner, Multiple Intelligences,… hlm.21.
https://www.halodoc.com/artikel/8-multiple-intelligence-untuk-menilai-kecerdasan-anak
Indragiri A, Kecerdasan Optimal: Cara ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak, (Jogjakarta: PT. Buku Kita, 2010), hlm. 16.
Jonassen, D. H. (1991). Evaluating constructivist learning. In Educational technology: Research and development, 39(3), 5-18.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Pusat Bahasa
Khuluqo. 2016. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563-575.
Likert, R. (1932). A technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology, 140, 1-55.
Muhammad Yaumi, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences... hlm. 88.
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education
Nugraha, Mohammad Fahmi. Budi Hendrawan Dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya : Edu Publisher.
Piaget, Jean, & Barbel Inhelder, 2010. Psikologi Anak, Terj. Miftahul Jannah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.
Selang Rustam AR, Wahjoedi dan Wahyono Hari. 2015. Pengaruh Gaya Hidup, Intensitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Konsumsi Siswa. Jurnal Kependidikan Humaniora. Vol. 3 Hal. 2
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.Sobur, Alex. (2003)
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Usman Effendi, Psikologi Konsumen, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2016), 53.
Uswah Wardiana, Psikologi Umum, (Jakarta: Pt. Bina Ilmu, 2004), Hlm.159
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Yuniar, G.S & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 26 Surabaya.Character, 02 (01). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Semarang.
Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). VALIDITAS BAHAN AJAR KURIKULUM PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
Yaumi, Muhhamad.,Dr. (2012). Pembelajaran Berbasisis Multiple Intellegences. Jakarta: Dian Rakyat.