Pengembangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality di SMK

Authors

  • Angela Wowor Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Trudi Komansilan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Wensi Ronald Lesli Paat Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Augmented Reality (AR), MDLC, Aplikasi, Topologi Jaringan Komputer

Abstract

Aplikasi Pengenalan Topologi Jaringan Komputer dibuat menggunakan teknologi augmented reality (AR). Aplikasi ini dirancang dengan teknologi pendeteksi marker untuk menghasilkan objek 3D. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk merancang sebuah aplikasi media pengenalan topologi jaringan komputer berbasis augmented reality yang dapat membantu siswa untuk memahami materi tentang topologi jaringan komputer. Aplikasi pembelajaran ini dibuat berbasis android dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdapat 6 tahapan, yaitu Concept, Desaign, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Tahap pengujian menggunakan metode pendektan black box testing. Pengujian aplikasi di uji oleh validator ahli media dan validator ahli materi serta menggunakan uji kompabilitas pada beberapa perangkat android untuk membuktikan kelayakan pada aplikasi agar dapat di distribusikan.

References

Afandi Nur Aziz Thohari (2021). JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan) Vol 10 No 1 Tahun 2021. Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Mengunakan Teknologi Augmented Reality, 58-66.

Agung Kharisma Hidayah, Muhammad Husni Rifqo, Dandi Sunardi, Rahmad Aminudin. (2024). Jurnal Media Informatika Vol 20 No 1 Tahun 2024. PENGEMBANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMASARAN FURNITURE MURIA JAYA BERBASIS ANDOROID, 147-153.

Diki Arisandi (2022). Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 4 No 1 Tahun 2022. Perancangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Dengan Augmented Reality di Pogram Studi Teknik Informatika, 1487-1497.

Husnaini, N. H. (2023). PENGEMBANGAB BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA DI MIN 1 KOLAKA UTARA. Vol. 10 No. 2, Desember 2023, pp. 224-232, 10, 224-232.

Laurens Rezaldi, M. A. (2023). Implementasi Vuforia Pada Aplikasi Augmented-Reality Pembelajarn Sistem Tata Surya. Vol 1, No 2 Februari, e-ISSN: 2962-4118, 1, 72-78.

Laurens Rezaldi, Muhammad Agung Nugroho, Pius Dian Widi Anggoro. JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1 No 2 Februari. Implementasi Vuforia Pada Aplikasi Augmented-Reality Pembelajaran Sistem Tata Surya, 72-78.

Lena Magdalena, Kusnandi, Muhammad Kahfi. Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Komponen Jaringan dan Cara Kerja TCP/IP berbasis Android.

Riyanto, Singgih S.R. JUITA ISSN Vol 3 Nomor 4 November. Pemanfaatan Augmented Reality pada Media Pembelajaran Interaktif Peredaran Planet Utilization of Augmented Reality in Interactive Learning Media of Planet Revolution,187-192

Romdhoni, A. (2018). Penjelasan Software Blender. Ilmu Teknologi Informasi, 2-3.

Roni Wibowo (2020). RAINSTEK Vol 2 No 4 Tahun 2020. PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN KONEKSI JARINGAN, 310-319.

Siti Nazila, F. S. (2021). Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA Vol 5 No 2 JULI 2021. Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Landmark Negara-Negara ASEAN Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking, 5, 99-107.

Wijay, I. M. (2022). Vol 5 No 2 Tahun 2022. APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANROID MENGGUNAKAN LIBRARY VUFORIA, 5, 173-181.

Zacky Ahmad (2020). Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA Vol 6 No 1 Maret 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada M ateri Instalasi Jaringan Komputer, 90-99.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Wowor, A., Komansilan, T., & Paat, W. R. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality di SMK. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 2(4), 122-137. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/12348

Issue

Section

Articles