Pengembangan Multimedia Pembelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 1 Tondano
Keywords:
Desain Grafis Percetakan, Media Pembelajaran, SMKAbstract
Kurangnya media pembelajaran menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran desain grafis percetakan dan mengetahui tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur ADDIE. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan berhasil dikembangkannya media pembelajaran interaktif. Tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menunjukkan hasil sangat layak dari ahli media dengan skor rVG rata – rata 3.47 dan ahli materi memberi skor rata – rata 4.75 dengan kategori sangat layak. Sehingga media pembelajaran ini sudah dapat digunakan untuk proses belajar mengajar.
References
Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 97-107.
Chun. (2017). Adobe Animate CC 2017 merilis Kelas dalam Buku. AS: Sistem Adobe Tergabung.
Endoh, J. T. G., Rompas, P. T. D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa
SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 505-517.
Enterprise, J. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe Animate. Jakarta: PT Elex MediaKomputindo Kelompok Gramedia.
Hansson, L., Leden, L., & Thulin, S. (2020). Book Talks as an Approach to Nature of Science Teaching in Early Childhood Education. International Journal of Science Education, 42(12), 2095–2111.
Haryanto, P. D., M.Pd. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran. CV. Pilar Nusantara.
Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.
Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.
Sudjana, P. D., M.Pd. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tatahue, K. G., Parinsi, M. T., & Mewengkang, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Amurang. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2), 228-237.
Tumewan, P. C., Sojow, L., & Kaparang, D. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran tutorial desain komunikasi visual di SMK Negeri 3 Tondano. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 25-38.
Wulandari, D. F., & Indarini, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling(JPDK), 4(6), 5672-5684.