Pengembangan Multimedia Pembelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 1 Tondano

Authors

  • Vigen Manurip Universitas Negeri Manado
  • Peggy Veronica Togas Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Olivia Eunike Selvie Liando Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Desain Grafis Percetakan, Media Pembelajaran, SMK

Abstract

Kurangnya media pembelajaran menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik. Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengembangkan   multimedia pembelajaran desain  grafis  percetakan dan  mengetahui  tingkat kelayakan dari multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini  adalah  Research  and  Development  dengan  menggunakan  prosedur ADDIE. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan berhasil   dikembangkannya media pembelajaran interaktif. Tingkat   kelayakan dari multimedia pembelajaran interaktif yang   dikembangkan menunjukkan hasil sangat layak dari ahli media dengan skor rVG rata – rata 3.47 dan ahli materi memberi  skor rata – rata 4.75  dengan  kategori  sangat  layak. Sehingga  media  pembelajaran ini sudah dapat digunakan untuk proses belajar mengajar.

References

Azrianti, V. P., & Sukma, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash untuk Menanamkan Karakter Positif. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 97-107.

Chun. (2017). Adobe Animate CC 2017 merilis Kelas dalam Buku. AS: Sistem Adobe Tergabung.

Endoh, J. T. G., Rompas, P. T. D., & Heydemans, C. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Siswa

SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 505-517.

Enterprise, J. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe Animate. Jakarta: PT Elex MediaKomputindo Kelompok Gramedia.

Hansson, L., Leden, L., & Thulin, S. (2020). Book Talks as an Approach to Nature of Science Teaching in Early Childhood Education. International Journal of Science Education, 42(12), 2095–2111.

Haryanto, P. D., M.Pd. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran. CV. Pilar Nusantara.

Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.

Rahayu, P & Ratna, S. (2020). Peran Pembelajaran STEM Dalam Penerapan Adobe Animate Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 1-11.

Sudjana, P. D., M.Pd. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tatahue, K. G., Parinsi, M. T., & Mewengkang, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Amurang. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2), 228-237.

Tumewan, P. C., Sojow, L., & Kaparang, D. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran tutorial desain komunikasi visual di SMK Negeri 3 Tondano. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 25-38.

Wulandari, D. F., & Indarini, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling(JPDK), 4(6), 5672-5684.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Manurip, V., Togas, P. V., & Liando, O. E. S. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 1 Tondano. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 14-20. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/7637

Issue

Section

Articles