Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMK Negeri 2 Tondano
Keywords:
Aktivitas Belajar, Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan media sosial terhadap aktivitas belajar siswa SMK Negeri 2 Tondano Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif Sampel dalam penelitian adalah 70 siswa Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan media sosial telegram dan whatsapp terhadap aktivitas belajar siswa Dari hasil korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0 457 dan nilai r Square 0 208 Artinya penggunaan media sosial X memberikan kontribusi sebesar 20 8 terhadap aktivitas belajar Y Dari hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0 001 lt; 0 05 artiya Ha diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan variabel X terhadap variabel Y Berdasarkan hasil analisis regresi uji F diperoleh nilai f hitung lebih besar dari f tabel 17 902 gt; 3 982 dengan nilai sig 0 01 lt; 0 05 yang menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial telegram dan whatsapp terhadap aktivitas belajar siswa Pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 20 8 dan 79 2 lainnya berasal dari faktor luar penggunaan media sosial < p>
References
Darma 2009 Buku Pintar Menguasai Internet Jakarta: Mediakita
Rahmadani N Anugraheni I 2017 Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7 3 241 250
Shoelhi M 2015 Komunikasi Lintas Budaya Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Suryadi E Ginanjar M H Priyatna M 2018 Penggunaan Sosial Media Whatsapp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Edukasi Islam 7 1 1 22