Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMK Negeri 2 Tondano
Keywords:
Aktivitas Belajar, Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan media sosial terhadap aktivitas belajar siswa SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah 70 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan media sosial (telegram dan whatsapp) terhadap aktivitas belajar siswa. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,457 dan nilai r Square 0,208. Artinya penggunaan media sosial (X) memberikan kontribusi sebesar 20,8% terhadap aktivitas belajar (Y). Dari hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 artiya (Ha) diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil analisis regresi uji F, diperoleh nilai f hitung lebih besar dari f tabel (17,902 > 3,982) dengan nilai sig. 0,01 < 0,05 yang menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial (telegram dan whatsapp) terhadap aktivitas belajar siswa. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 20,8% dan 79,2% lainnya berasal dari faktor luar penggunaan media sosial.
References
Darma. (2009). Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Mediakita.
Rahmadani, N. & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (3), 241-250.
Shoelhi, M. (2015). Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islam, 7 (1), 1-22.