Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan

Authors

  • Meylisa Palempung Manado State University image/svg+xml
  • Verry Ronny Palilingan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Hiskia Kamang Manggopa Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pendidikan, SDM, PTK

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan SDM lebih lanjut yang dapat memberikan masukan bagi kemajuan suatu negara Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di jelaskan maka dapat diambil kesimpulan yaitu hasil belajar Desain Komunikasi Visual melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan mengunakan pendekatan PTK Penelitian Tindakan Kelas dengan metode siklus yang terdiri dari perencanaan pengamatan pelaksanaan dan refleksi Dan hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual telah diterapkannya model < em>berbasis masalah Kualitas gurulah yang menentukan mutu pendidikan Pada pretes presentase hanya mencapai 30 43 dan pada siklus I presentase naik menjadi mencapai 56 52 sedangkan pada sikklus II presentase naik menjadi 86 95 Kesimpulan yang diperoleh adalah Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar desain komunikasi visual siswa kelas X SMK Negeri 1 Langowan < strong>< p>

References

Amin Saeful 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Jurnal Pendidikan Geografi 4 3

Idris S Amalia L 2020 Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar Jurnal Ilmiah Ecosystem 20 1 94 97

Kambey W M Santa K Togas P V 2021 Penerapan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis masalah pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 2 195 208

Liando M A J 2022 Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik PMR pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 193 204

Masnur Muslich 2009 KTSP Pembelajaran Berberbasis Kompetensi dan Kontekstual Masyarakat Jakarta : Bumi Aksara

Oktavia M Rahma S Akmalia R Teguh A Ramadhani A Kusuma A 2021 Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang HarusMenjadi Guru Jurnal Pendidikan Dan Konseling JPDK 3 2 122 128

Pondaag R A Pardanus R H W Togas P V 2021 Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 3 284 296

Pratasik S 2021 Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Penerbit Lakeisha

Qomarats I Eva Y 2020 Corporate Identity Canting Buana Kreatif: Rancangan dan

Pengaplikasiannya Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 1 2 72 82

Rahayu E Fahmi S 2018 Efektifitas penggunaan model berbasis masalah PBL dan Inkuiri SMPN 1 Kasian JURING Journal Pendidikan Khusus 1 2 78 90

Ramawati Yunus S R Insani A 2017 Pengaruh Model PBL Berbasis masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Jurnal Sainsmart 1 14

Rusmono 2017 Strategi Pembelajaran dengan Berbasis masalah Itu Perlu:Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bogor: Ghalia Indonesia

Sa dun Akbar 2010 Penelitian Tindakan Kelas Filosofi Metodologi dan Implementasi

Yogyakarta: Cipta Media Aksara

Somnaikubun D Paat W R L Palilingan V R 2022 Penerapan model pembelajaran Berbasis masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 295 307

Sumandya I W Widana I W 2019 Pengembangan Skenario Pembelajaran Matematika Berberbasis Vokasional Untuk Siswa Kelas XI SMK AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 10 2 244 253

DOI: https: doi org 10 26877 aks v10i2 4704

Syahputra E 2020 Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar D Vonny Kirana ed ; 1st ed Haura Publishing

Downloads

Published

2024-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan. (2024). Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 10 15. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/8890