Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Komunikasi Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Langowan
Keywords:
Pendidikan, SDM, PTKAbstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan SDM lebih lanjut yang dapat memberikan masukan bagi kemajuan suatu negara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di jelaskan maka dapat diambil kesimpulan yaitu, hasil belajar Desain Komunikasi Visual melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan mengunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan metode siklus yang terdiri dari perencanaan pengamatan pelaksanaan dan refleksi. Dan hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual telah diterapkannya model berbasis masalah Kualitas gurulah yang menentukan mutu pendidikan. Pada pretes presentase hanya mencapai (30.43%) dan pada siklus I presentase naik menjadi mencapai (56.52%) sedangkan pada sikklus II presentase naik menjadi (86.95%). Kesimpulan yang diperoleh adalah Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar desain komunikasi visual siswa kelas X SMK Negeri 1 Langowan.
References
Amin, Saeful. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi. 4 (3).
Idris, S., & Amalia, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Desain Grafis Coreldraw Di Kelurahan Wajo Baru Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), 94- 97.
Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis masalah pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.
Liando, M. A. J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas IV SD GMIM Malola. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 193-204.
Masnur Muslich. (2009). KTSP Pembelajaran Berberbasis Kompetensi dan Kontekstual Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara.
Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., & Kusuma, A. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang HarusMenjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122-128.
Pondaag, R. A., Pardanus, R. H. W., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kkpi Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 284-296.
Pratasik, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring. Penerbit Lakeisha.
Qomarats, I., & Eva, Y. (2020). Corporate Identity Canting Buana Kreatif: Rancangan dan
Pengaplikasiannya. Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design, 1(2), 72-82.
Rahayu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektifitas penggunaan model berbasis masalah (PBL) dan Inkuiri SMPN 1 Kasian. JURING (Journal Pendidikan Khusus, 1(2), 78-90.
Ramawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Berbasis masalah) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmart, 1-14.
Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Berbasis masalah Itu Perlu:Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sa’dun Akbar.(2010). Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi dan Implementasi.
Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan model pembelajaran Berbasis masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.
Sumandya, I. W. & Widana, I. W. (2019). Pengembangan Skenario Pembelajaran Matematika Berberbasis Vokasional Untuk Siswa Kelas XI SMK. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 244-253,
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar (D. Vonny Kirana (ed.); 1st ed.). Haura Publishing.