Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Kungkang Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle di TK GMIM Bethlehem Tataaran II

Authors

  • Boy Martua Simanjuntak Fakultas Teknik
  • Irene Realyta Halldy Trosi Tangkawarow Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Ferdinan Ivan Sangkop Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Augmented Reality, Hewan Kungkang, MDLC, Edukasi, Aplikasi Mobile

Abstract

Perkembangan teknologi dalam era globalisasi menawarkan manfaat signifikan dalam berbagai aspek sosial termasuk dalam pendidikan Augmented Reality AR adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata secara interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikas AR sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan hewan kungkang kepada anak usia dini di TK GMIM Bethlehem Tataaran II Metode pengembangan sistem yang digunakani adalah Multimedia Development Life Cycle MDLC dengan penerapan pada platform Android Marker objek AR akan didesain dalam bentuk buku untuk menarik minat anak Aplikasi ini akan menampilkan animasi hewan kungkang beserta informasi mengenai ciri ciri fisik siklus hidup makanan dan kebiasaan disertai dengan narasi audio dan fitur kuis untuk mengukur pemahaman anak terhadap hewan tersebut Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi pengenalan hewan kungkang yang sulit ditemui di lingkungan sekitar serta memberikan alternatif pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi anak usia dini < p>

References

Adjis R Rantung V P Kumajas S Rorimpandey G C 2021 Aplikasi Augmented Reality Penuntun Shalat Untuk Anak Usia Dini JOINTER: Journal of Informatics Engineering 2 01 9 15

Afandi D 2019 Aplikasi Pengenalan Binatang dengan Augmented Reality berbasis Android Studi Kasus: Raudlotul Athfal Muslimat NU Kemasan Doctoral dissertation University of Technology Yogyakarta

Buana W Sari B N 2022 Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 5 2 91 97

Febriansyah M H Kurniawan A P Susanti F 2021 Aplikasi Macam macam Hewan Serta Jenis Makanannya Untuk Siswa Paud Berbasis Ar augmented Reality eProceedings of Applied Science 7 6

J Informatika L Dempo and A L Dempo Jurnal Informatika Lembah Dempo Vol 7 No 2 AMIK Lembah Dempo 2019 vol 7 no 2 pp 56 67 2019

Kamiana A Kesiman M W A Pradnyana G A 2019 Pengembangan augmented reality book sebagai media pembelajaran virus berbasis android KARMAPATI Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika 8 2 165 171

Lontoh E J Kainde Q C Komansilan T 2022 Augmented Reality pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 1 113 121

Lorena Br Ginting S Sofyan F 2018 Aplikasi pengenalan alat musik tradisional Indonesia menggunakan metode based Marker Augmented Reality berbasis Android Majalah Ilmiah Unikom 15

Lizati F Kumajas S C Sangkop F I 2024 Application of Augmented Reality in Mobile Based Hijaiyah Letter Recognition Applications using Multimedia Development Methods Life Cycle Journal of Innovation Andi Future Technology IFTECH 6 1 84 95

Mewengkang A Tangkawarow I R 2018 Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Ekosistem Berbasis Mobile

McCartney J 2018 The Little Book of Sloth Philosophy: How to Live Your Best Sloth Life HarperCollinsPublishers

Oktavian I Tursina T Sukamto A S 2019 Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia JUSTIN Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi 7 2 75 80

Posumah A Waworuntu J Komansilan T 2021 Aplikasi Mobile Pengenalan Budaya Pulau Sulawesi berbasis Augmented Reality Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 5 513 527

Prawiro M 2019 Pengertian Aplikasi: Arti Fungsi Klasifikasi dan Contoh Aplikasi Retrieved from maxmanroe com: https: www maxmanroe com vid teknologi pengertian aplikasi html

Sutanaya I G P Y Arthana I K R Wirawan I M A 2017 Pengembangan virtual reality pengenalan kendaraan untuk anak usia dini Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika 6 1 88 95

Sumarni T Damayanti S E Saputra H 2021 Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Rumah Adat Tradisional Studi Kasus: SD Negeri Sindangjaya Cianjur Naratif: Jurnal Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika 3 2 25 29

M Rasjid R Sengkey and S Karouw Rancang Bangun Aplikasi Alat Musik Kolintang menggunakan Augmented Reality berbasis Android vol 7 no 1 2016

P Agus M Putra I G M Darmawiguna and G A Pradnyana Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Markerless Teknik Dasar Olahraga Bulutangkis vol 6 pp 329 337 2017

P Teknologi et al Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Sifana dkk pp 82 88 2015

Poluakan Y F Santa K Kumajas S C Rantung V P 2024 February Animal Recognition Application Using Mobile Based Augmented Reality at TK Gmim Solafide Uner In 5th Vocational Education International Conference VEIC 5 i2023 pp 761 766 Atlantis Press

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Kungkang Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle di TK GMIM Bethlehem Tataaran II. (2024). Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 28 36. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9310