Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung
Keywords:
Hasil Belajar, Konstentrasi Keahlian, Problem Based LearningAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 2 Bitung. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 2 Bitung, Sampel yang diambil yaitu Kelas XI TJKT 2 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan XI TJKT 3 yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing-masing kelas, instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan treatment. Hasil penelitian diperoleh adalah terhadap pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar.
References
Armanto, R. P. (2020). Kamu Kepo tentang Problem Based Learning (PBL) dan Objective Strutured Student Oral Case Analysis (OSOCA)? Surabaya: ITP Press.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upanya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, 38-48.
Dhamayanti, M., Rachmawati, A. D., Arisanti, N., Setiawati, E. P., Rusmi, V. K., & Sekarwana, N. (2017). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan terhadap Anak "ICAST-C" versi Bahasa Indonesia. JKP - Vol. 5 No. 3, 284.
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Jurnal Satya Widya Vol. 28 No. 2, 167-173.
Komarudin, & Sarkadi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.
Meifiani, N. I., Tisngati, U., Apriani, D. C., & Martini. (2019). Desain Faktorial. Pacitan: LPPM Press STKIP PGRI Pacitan.
Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 4 No. 1, 130.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.
Payadnya, I. P., & Jayantika, I. G. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistika dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
R, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Berargumen Berbasi Problem Based Learning (PBL) Kelas X SMA. Padang: BUKU MODEL.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sinaga, D. (2014). Buku Ajar Statistika Dasar. Jakarta Timur: UKI PRESS.
Sofyan, H., Wagiran, K. K., & Triwoyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1, 92-93.
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Jawa Timur: KLIK MEDIA.
Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press.
Zamjani, I., Suprastowo, P., & Winingsih, L. H. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Bada n Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.