Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung
Keywords:
Hasil Belajar, Konstentrasi Keahlian, Problem Based LearningAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 2 Bitung Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 2 Bitung Sampel yang diambil yaitu Kelas XI TJKT 2 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan XI TJKT 3 yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing masing kelas instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan nbsp; treatment Hasil penelitian diperoleh adalah terhadap pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar < p>
References
Armanto R P 2020 Kamu Kepo tentang Problem Based Learning PBL dan Objective Strutured Student Oral Case Analysis OSOCA ? Surabaya: ITP Press
Assegaff A Sontani U T 2016 Upanya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning PBL Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 1 No 1 38 48
Dhamayanti M Rachmawati A D Arisanti N Setiawati E P Rusmi V K Sekarwana N 2017 Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan terhadap Anak ICAST C versi Bahasa Indonesia JKP Vol 5 No 3 284
Esema D Susari E Kurniawan D 2012 Problem Based Learning Jurnal Satya Widya Vol 28 No 2 167 173
Komarudin Sarkadi 2017 Evaluasi Pembelajaran Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press
Meifiani N I Tisngati U Apriani D C Martini 2019 Desain Faktorial Pacitan: LPPM Press STKIP PGRI Pacitan
Nafiah Y N 2014 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 4 No 1 130
Nuryadi Astuti T D Utami E S Budiantara M 2017 Dasar Dasar Statistik Penelitian Yogyakarta: SIBUKU MEDIA
Payadnya I P Jayantika I G 2018 Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistika dengan SPSS Yogyakarta: Deepublish Publisher
R S 2018 Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Berargumen Berbasi Problem Based Learning PBL Kelas X SMA Padang: BUKU MODEL
Retnawati H 2016 Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian Yogyakarta: Parama Publishing
Rukminingsih Adnan G Latief M A 2020 Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif Penelitian Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Erhaka Utama
Setiawan A 2017 Belajar dan Pembelajaran Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Sinaga D 2014 Buku Ajar Statistika Dasar Jakarta Timur: UKI PRESS
Sofyan H Wagiran K K Triwoyono E 2017 Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: UNY Press
Sulastri Imran Firmansyah A 2017 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3 No 1 92 93
Supriadi G 2021 Statistik Penelitian Pendidikan Yogyakarta: UNY Press
Syamsidah Suryani H 2018 Buku Model Problem Based Learning PBL Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan Yogyakarta: Deepublish Publisher
Widana I W Muliani P L 2020 Uji Persyaratan Analisis Jawa Timur: KLIK MEDIA
Winarno M E 2013 Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani Malang: UM Press
Zamjani I Suprastowo P Winingsih L H 2020 Faktor Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Bada n Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan