Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung

Authors

  • Valentino Claudio Taguriri Fakultas Teknik
  • Verry Ronny Palilingan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado
  • Daniel Riano Kaparang Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, Konstentrasi Keahlian, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Keahlian siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 2 Bitung Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design Populasi yang diambil adalah seluru siswa TJKT SMK Negeri 2 Bitung Sampel yang diambil yaitu Kelas XI TJKT 2 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan XI TJKT 3 yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa di masing masing kelas instrument penelitian dikumpulkan berdasarkan tes awal sebelum treatment dan tes akhir sesudah diterapkan nbsp; treatment Hasil penelitian diperoleh adalah terhadap pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar < p>

References

Armanto R P 2020 Kamu Kepo tentang Problem Based Learning PBL dan Objective Strutured Student Oral Case Analysis OSOCA ? Surabaya: ITP Press

Assegaff A Sontani U T 2016 Upanya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning PBL Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 1 No 1 38 48

Dhamayanti M Rachmawati A D Arisanti N Setiawati E P Rusmi V K Sekarwana N 2017 Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan terhadap Anak ICAST C versi Bahasa Indonesia JKP Vol 5 No 3 284

Esema D Susari E Kurniawan D 2012 Problem Based Learning Jurnal Satya Widya Vol 28 No 2 167 173

Komarudin Sarkadi 2017 Evaluasi Pembelajaran Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press

Meifiani N I Tisngati U Apriani D C Martini 2019 Desain Faktorial Pacitan: LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Nafiah Y N 2014 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 4 No 1 130

Nuryadi Astuti T D Utami E S Budiantara M 2017 Dasar Dasar Statistik Penelitian Yogyakarta: SIBUKU MEDIA

Payadnya I P Jayantika I G 2018 Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistika dengan SPSS Yogyakarta: Deepublish Publisher

R S 2018 Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Berargumen Berbasi Problem Based Learning PBL Kelas X SMA Padang: BUKU MODEL

Retnawati H 2016 Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian Yogyakarta: Parama Publishing

Rukminingsih Adnan G Latief M A 2020 Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif Penelitian Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Erhaka Utama

Setiawan A 2017 Belajar dan Pembelajaran Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Sinaga D 2014 Buku Ajar Statistika Dasar Jakarta Timur: UKI PRESS

Sofyan H Wagiran K K Triwoyono E 2017 Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: UNY Press

Sulastri Imran Firmansyah A 2017 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol 3 No 1 92 93

Supriadi G 2021 Statistik Penelitian Pendidikan Yogyakarta: UNY Press

Syamsidah Suryani H 2018 Buku Model Problem Based Learning PBL Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan Yogyakarta: Deepublish Publisher

Widana I W Muliani P L 2020 Uji Persyaratan Analisis Jawa Timur: KLIK MEDIA

Winarno M E 2013 Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani Malang: UM Press

Zamjani I Suprastowo P Winingsih L H 2020 Faktor Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Bada n Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Downloads

Published

2024-06-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian TKJT Kelas XI SMK N 2 Bitung. (2024). Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 66 70. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9439