Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis untuk Siswa Kelas X SMK
Keywords:
Dasar Desain Grafis, MDLC, Multimedia Pembelajaran, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran dasar desain grafis. Metode pengembangan yang digunakan adalah research and development dengan menerapkan prosedur MDLC (Mutlimedia Development Life Cycle). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan angket. Kelayakan produk dievaluasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini berupa multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran dasar desain grafis. Evaluasi dari ahli media menunjukkan skor rata-rata 3.83, dengan penilaian sangat layak, sedangkan ahli materi memberikan skor rata-rata 3.75, juga dengan penilaian sangat layak. Pengujian kepada responden memberikan skor keseluruhan 3.62, dengan penilaian sangat layak. Kesimpulannya, multimedia pembelajaran ini sangat cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran dasar desain grafis di SMK Negeri 1 Sonder
References
Andri Nata. Fauriatun Helmiah, Rohminatin. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Remaja Dalam Berwirausaha Belajar Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.3 No. 2.
Ardan, F. (2021). Pengertian Jenis-Jenis, serta Fungsi Media. Jurnal Humaniora.
Azzakki, W. M., & Krisbiantoro, D. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Sebagi Upaya Mmebantu Belajar Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor. Jurnal Sistem Informasi Manajemen, Vol.3.
Budiana, H. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citerup Kabupaten Ciamis. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 59- 62..
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. XI.
Ilham Pratama, Subiki, & Alex Harijanto. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika SMA Berbasis Adobe Animate CC Pada Mater Hukum Gravitasi Newton. Jurnal Online Pendidikan Fisika, 17-25.
Kuryanti, S. J. (2015). Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu Dan Sholat Wajib. Jurnal Katulistiwa Informatika, Vol. ,No. 2.
Mustika, & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 121-126.
Mustika. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Jurnal Mikrotik, 2443-4027.
Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidayah. Vol. 8 No 2.
Satria, R. A., & Sidik, A. F. (2022). Pengantar Analisis Data. Jurnal Wageindicator.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.