Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Langowan
Keywords:
Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Langowan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode ex-post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumalah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0.000 < 0.05, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0.000 < 0.05, dan fasilitias belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasi belajar siswa SMA Negeri 1 Langowan.
References
Anni, Chatarina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Darsono, max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Ghozali, imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang.Universitas Diponegoro
Gie, The Liang. 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ginting, V. 2005. Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Ketrampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia serta Minat Baca Murid. Jurnal Pendidikan Penabur, No. 04/Th. IV/ Juli, h.17-35.
Ginting, Vera. 2005. “Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia serta Minat Baca Murid”. Dalam Jurnal Pendidikan Penabur.
Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Hasanah, S., & Rachmawati, D. (2021). Hubungan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(2), 56-70.
Hermawan, R. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Kesejahteraan Psikologis dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(1), 34-47.
Marcal, Arlindo Fransisco. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Diri Terhadap Prestasi Belajar Karyasiswa Timor-Leste di Jakarta”. Jurnal Manajemen Publik dan Bisnis.
Murniati, T. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 10(1), 45-59.
Nurhadi, & Sukarni, D. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Kesehatan Mental dan Kinerja Akademik Siswa. Jurnal Psikologi, 7(2), 78-89.
Oemar, Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.
Santrock, J. W. (2014). Educational Psychology (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
Setiawan, B., & Amalia, R. (2020). Intervensi Kebijakan dalam Peningkatan Fasilitas Belajar dan Motivasi di Sekolah Menengah. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 15(3), 112-130.
Susanto, A. (2023). Pentingnya Sinergi antara Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 23-37.
Wahyudi, H. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 89-102.
Yusuf, M. (2017). Motivasi Belajar Siswa: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.