Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa SMA Yadika Langowan
Keywords:
Kemampuan Awal, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar, 2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 3) mengetahui pengaruh kemampuan awal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian korelasi dengan mengguanakn metode expost facto. Sampel dalam penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh kemampuan awal yang signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0.000 < 0.05, 2) terdapat pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0.000 < 0.05, dan 3) terdapat pengaruh kemampuan awal dan motivasi awal terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0.000 < 0.05.
References
A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, J. L. M. (2012). ONLINE LEARNING: A Comparison of Web-Based and Land-Based Courses. Quarterly Review of Distance Education, 13(1), 39–42.
Chen, X. (2018). Integrating ICT into K-12 education: An empirical study on the impact of multimedia teaching strategies. Education and Information Technologies, 23(2), 541-558.
Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Ekawati, S., Basir, F., & Karmila, K. (2021). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiwa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 188-196.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kozma, R. B. (2014). ICT and educational reform in developed and developing countries. In Theoretical foundations of learning environments (pp. 51-70). Routledge.
Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.
Makatita, S. H., & Azwan, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia Sma N 2 Namlea. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 10(1), 34-40.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford Publications.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
V ygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge: Harvard University Press.
Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2019). Expectancy-value theory of achievement motivation. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 68-81.
Zimmerman, B. J. (2015). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.
Zulvadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas xi IPS SMA Negeri 6 Merangin. Jurnal tunas pendidikan, 2(1), 31-40.