Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Grentino Jonatan Gerungan Fakultas Teknik
  • Christine Takarina Meitty Manoppo Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
  • Johan Reimon Batmetan Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar dan Produktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Produktif TKJ pada Konten Desain Grafis Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tondano. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan perelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu jenis Non Equivalent Control Group Desain. Jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pada hasil pretes pada kelompok eksperimen diperoleh jumlah 500 dengan rata-rata 41,67 setelah pembelajaran model berbasis masalah mengalami peningkatan jumlah skor tes akhir menjadi 1040 dengan rata-rata 86,67. Sedangkan pada Kelompok kontrol jumlah nilai pretes sebanyak 550 dengan skor rata-rata 45,83, setelah pembelajaran ceramah mengalami peningkatan pada postes dengan jumlah nilai 945 dengan rata- rata skor tes akhir 78,75. Melalui uji statistik dengan menggunakan uji-t ternyata bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung = 52,918 > t tabel = 2,228 pada α = 0,05 dk = n - 2 berarti menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis (H0). Dengan kata lain bahwa pengaruh Pembelajaran model berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif TKJ di SMK Negeri 3 Tondano. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran model berbasis masalah secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif TKJ di SMK Negeri 3 Tondano.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Amir, M. Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Membedayakan Pameljar di Era Pengetahuan. Jakarta Kencana Prnada Media Group.

Arends. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Aunurrahman. 2016 (Cetakan ke-10). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

______. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Huda, Miftahul. 2013. Model- model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad Asep dan Abdul haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Gerungan, G. J., Manoppo, C. T. M., & Batmetan, J. R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Tondano. Journal of Education Method and Technology : JEMTech, 51-58. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jemtec/article/view/9970

Issue

Section

Articles