PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAUDITAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10227Keywords:
Leadership, Teacher Communication Skills, Learning MotivationAbstract
“Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kauditan.”
Engelinda C Tuuk
20303023
Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan tata cara seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (Harsono 2011:162) Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan saat ini. Hal ini karena pendidikan merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Sebagaimana pada pasal 1 Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional (SISDIKNAS) dituliskan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara(http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm).
Pada zaman sekarang ini banyak gangguan yang menyebabkan turunnya motivasi siswa dalam belajar. Gangguan tersebut tidak jauh dari lingkungan siswa itu sendiri, contohnya dalam keluarga dan di sekolah. Gangguan buruk yang ada dalam keluarga sangat mempengaruhi berkembangnya motivasi seorang siswa. Motivasi siswa pertama dibangun dalam keluarga, keluarga merupakan sarana untuk siswa agar termotivasi dalam belajar dengan berbagai dukungan positif yang ada dalam keluarga siswa dapat membangkitkan semangat yang ada dalam dirinya untuk berkarya dan belajar dalam meraih cita-citanya. Sedangkan pengaruh yang ada di sekolah yaitu kurangnya perhatian guru terhadap siswa sehingga siswa tidak dapat berkosentrasi dalam belajar dan pengaruh dari teman-teman yang ada di sekolah.
Berdasarkan tinjauan dari fenomena di SMA Negeri 1 Kauditan masi ditemui siswa yang malas membuat tugas yang diberikan oleh guru kelas, saat dirumah hanya main HP, tidak suka belajar mandiri. Dengan demikian dapat dinyatakan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kauditan masih kurang. Di temui juga siswa yang memberikan keterangan masih ada guru yang mengajar di dalam kelas siswa tidak dapat memahami materi yang di ajarkan.
References
A.M, Sudirman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Asma, 2017. Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhap Motivasi Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp.1689–1699
Fatimah, Saguni dan Sagir, M. Amin. 2014. Hubungan Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Self Regulation Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Palu. ISTIQRA, Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 2, No. 1.
Gulo, A., Mahulae, S., Anzelina, D. & Silaban, P.J., 2020. Pengaruh kepemimpinan guru terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD tahun pembelajaran 2020/2021. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), pp.339–343. Tersedia di: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/edu catio/article/view/495 [Diakses pada 20 Mei 2024].
Harsono,M. S. 2011. Etnografi Pendidikan Sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prasetyo, I. E, Taroreh, J. ., & Kawulur, A. . (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Kawangkoan. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 270-278. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7582
Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067
Katzenmeyer, M.H. & Moller, G.V., 2009. Awakening the Sleeping Giant: Helping Teachers Develop as Leaders. 3rd ed. Corwin Press.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kolinug, E. J., Makaliwe, N. ., & Oroh, S. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 RATAHAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 279-284. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7745
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Artni. 2016. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, N.A. 2020. Administrasi Pendidikan (Teori Dan Praktik Di Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Intishar Publishing.
Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Kelas X A Dan X B Sma Negeri 1 Tompaso. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720
Sadikin, A., Misra, I., Hudin, M.S. 2020. Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Yogyakarta: K-Media.
Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual, Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sutardji. 2016. Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Dee Publish.
Tamboto, H. (2024). Pengaruh Kompetensi Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Sma Negeri 1 Modoinding. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 26-31. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9693
Uno, B. Hamzah. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Engelinda C Tuuk1 *, Joseph P. Kambey2, Shelty D. M. Sumual3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.