ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK KELAS X KEAHLIAN BISNIS DAN MANAJEMEN DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK N 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10263Keywords:
Analysis of Student Competency Achievement, Independent Learning CurriculumAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Smk Kelas X Keahlian Bisnis Dan Manajemen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk N 1 Tondano. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas X program keahlian Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran di SKM N 1 Tondano. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model analisis interaktif. Keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik kompetensi peserta didik belum berjalan sesuai dengan harapan, Pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik belum tercapai, keseimbangan soft skills dan hard skills masih bersifat konvensional dan sistem pengembangan kompetensi belum mengarah sesuai kurikulum 2013 sehingga diperlukan penguatan melalui pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pencapaian karakteristik kompetensi
Kata Kunci: Analisis Pencapaian Kompetensi Peserta Didik, Kurikulum Merdeka Belajar
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the Analysis of Competency Achievement of Class X Vocational High School Students in Business and Management Expertise in the Independent Learning Curriculum at Smk N 1 Tondano. The subjects in this study were the principal, teachers and class X students of the Accounting, Office Administration, and Marketing expertise programs at SKM N 1 Tondano. Data collection through interviews, observations and documentation. Data were analyzed using an interactive analysis model. Data validity through triangulation. The results of the study indicate that the Characteristics of student competencies have not run according to expectations, the achievement of student attitude, knowledge, and skills competencies has not been achieved, the balance of soft skills and hard skills is still conventional and the competency development system has not been directed according to the 2013 curriculum so that strengthening is needed through the implementation of the Independent Curriculum in achieving competency characteristics
Keywords: Analysis of Student Competency Achievement, Independent Learning Curriculum
References
DAFTAR PUSTAKA
Alam, S. (2020). Merdeka Belajar dan Mutu Pendidikan. Https://Mediaindonesia.Com/Opini/311863/Merdeka-Belajar-Dan-Mutu-
Pendidikan. Arafah, K. (2016). Evaluasi Sistem Penilaian Pembelajaran Produktif Di SMK Negeri 4 Bantaeng. 3, 1–10.
Butarbutar, poltak efrisko. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar. Https://Www.Kompasiana.Com/Poltakbutarbutar8687/5e6b5006097f36798e4ca 062/Kurikulum-Merdeka-Belajar. Chahyanti, D. (2021). Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/Read/News/341708/Pembelajaran-Di-Era Merdeka-Belajar.
Direktorat Pembinaan SMK. (2019). Kondisi Umum Sekolah Menengah Kejuruan. Http://Eksis.Ditpsmk.Net/Artikel/Kondisi-Umum-Sekolah-Menengah-Kejuruan. Permendibud No. 34 Tahun 2018, 1369 (2018).
GTK, S. (2019). Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read-News/Mengenal-Konsep-Merdeka-Belajar-Dan-Guru-Penggerak.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/e-Techr, 08 Number. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00 Ilham, A. W. (2014). Standar Proses
Pendidikan Nasional dan Penerapannya dalam Sistem Pendidikan di Sekolah.
Mashudi, V. R., Manongko, A. C. ., & Kandori, I. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA KAMPUS MERDEKA STUDI PADA MAHASISWA PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.8917
Https://Www.Kompasiana.Com/Arits.Ilham/54f73fffa33311590f8b47ab/Standar -Proses-Pendidikan-Nasional-Dan-Penerapannya-Dalam-Sistem-Pendidikan Di-Sekolah?Page=all. Kemendikbud. (2019).
Meilawati, A. W., Agatha W. H, M. ., & Kandori, I. (2021). PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 245-253. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3643
Merdeka belajar 11. Kemendikbud. (2020a). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.” Www.Kemdikbud.Go.Id.
Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Https://Gtk.Kemdikbud.Go.Id/Read News/Merdeka-Belajar.
Maryam, S. (2020). RPP Satu Lembar dalam Merdeka Belajar. Https://Bdksemarang.Kemenag.Go.Id/Berita/Rpp-Satu-Lembar-Dalam-Merdeka-Belajar.
Nurfuadah, R. N. (2014). Perbedaan KTSP dan Kurikulum 2013. Https://News.Okezone.Com/Read/2014/12/08/65/1076314/Perbedaan-Ktsp Dan-Kurikulum-2013. Permendikbud No. 22 Tahun 2020, 174 (2020).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tasya M. Najoan1 *, Iwan Kandori2, Henri Tamboto3 , Devyano Ranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.