PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 1 AMURANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10976Keywords:
Teacher Creativity, Learning Resources, Learning InterestAbstract
nbsp;< p>
ABSTRAK < strong>< p>
Tujuan penelitian ini adalah 1 Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang; 2 Untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang; 3 Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian 45 siswa Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara Teknik analsis data yag digunakan yakni analisis regresi dan korelasi Hasil penelitian ini antara lain : 1 Ada pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang besar pengaruh variabel tersebut adalah 34 ; 2 Ada pengaruh sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang besar pengaruh variabel tersebut adalah 42 ; 3 Ada pengaruh kreativitas guru dan sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang besar pengaruh variabel tersebut adalah 70 < p>
Kata Kunci :< strong> Kreativitas Guru Sumber Belajar dan Minat Belajar< p>
nbsp;< p>
Abstrack< strong>< p>
The purpose of this study is 1 To determine the effect of teacher creativity on students learning interest at SMKN 1 Amurang; 2 To determine the effect of learning resources on students learning interest at SMKN 1 Amurang; 3 To determine the effect of teacher creativity and learning resources on students learning interest at SMKN 1 Amurang This study is a quantitative study with a sample size of 45 students Data collection techniques were carried out using questionnaires and interviews The data analysis techniques used were regression and correlation analysis The results of this study include: 1 There is an effect of teacher creativity on students learning interest at SMKN 1 Amurang the magnitude of the variable s influence is 34 ; 2 There is an effect of learning resources on students learning interest at SMKN 1 Amurang the magnitude of the variable s influence is 42 ; 3 There is an effect of teacher creativity and learning resources on students learning interest at SMKN 1 Amurang the magnitude of the variable s influence is 70 < p>
Keywords:< strong> Teacher Creativity Learning Resources and Learning Interest< p>
References
Agus wibowo H 2012 Menjadi Guru Berkarakter
Ahmad S 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar Aunurrahman 2014 Belajar dan Pembelajaran
Dr Ani Cahyadi S Ag M 2019 Pengembangan Media dan Sumber Belajar
Pengembangan Media dan Sumber Belajar 15
Dr Ani Cahyadi S M 2019 Pengembangan Media dan Sumber Belajar JM B 2010 Using Smartphone Application in Periperative Partice
S A 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Walgito B 2010 Pengantar Psikologi Umum
Chumiskey M 2013 There s an App for That Smartphone Use In Health and Physical Education Journal of Physical Education Recreation dance
Davis Bernard Et al 2012 Food and Beverage Management Fourth Edition Burlington: Elsevier
Djamarah Syaiful Bahri 2002 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta Djamarah Syaiful Bahri 2011 Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali Imam 2011 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghonzales 2015 Teaching and learning physics with smartphones Journal of Cases On Information technology 17 31 50
Kandori I 2023 PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 1 159 165 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i1 7055
Laurrilard D 2007 Edagogical forms for mobile learning in: Pachler N ed 2007 Mobile Learning: towards a research agenda London: WLE Centre IoE
Prof Dr Sugiyono 2013 Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta CV
Rinjani H dan Firmnto A 2013 Kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses Facebook pada remaja Jurnal ilmiah Psikologi Terapan Malang : Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Malang
Rohmah O C 2017 Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Muhammadiyah 2 Yogyakarta Skripsi Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta
Mantiri J Dame J M Ranti D 2021 PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ERIS Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 1 96 111 https: doi org 10 53682 jpeunima v2i1 1624
Rohmalina Wahab Psikologi Belajar Jakarta: Rajawali Pers 2016
Oroh S Wuisang J Putri D N 2023 PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 2 TONDANO Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 1 1 12 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i1 7075
Slameto 2003 Belajar dan Faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Afabeta CV
Suhana Cucu 2014 Konseb strategi Pembelajaran edisi Revisi Bandung: Remaja Rosdakarya
Syah 2003 Minat Beajar Yogyakarta: Pustaka Belajar
Wasty Soemanto Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta 2012

ÂÂÂÂÂ