PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 1 AMURANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10976Keywords:
Teacher Creativity, Learning Resources, Learning InterestAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang; 2) Untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang; 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian 45 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Teknik analsis data yag digunakan yakni analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian ini antara lain : 1) Ada pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang, besar pengaruh variabel tersebut adalah 34%; 2) Ada pengaruh sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang, besar pengaruh variabel tersebut adalah 42%; 3) Ada pengaruh kreativitas guru dan sumber belajar terhadap minat belajar siswa di SMKN 1 Amurang, besar pengaruh variabel tersebut adalah 70%.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Sumber Belajar dan Minat Belajar
Abstrack
The purpose of this study is 1) To determine the effect of teacher creativity on students' learning interest at SMKN 1 Amurang; 2) To determine the effect of learning resources on students' learning interest at SMKN 1 Amurang; 3) To determine the effect of teacher creativity and learning resources on students' learning interest at SMKN 1 Amurang. This study is a quantitative study with a sample size of 45 students. Data collection techniques were carried out using questionnaires and interviews. The data analysis techniques used were regression and correlation analysis. The results of this study include: 1) There is an effect of teacher creativity on students' learning interest at SMKN 1 Amurang, the magnitude of the variable's influence is 34%; 2) There is an effect of learning resources on students' learning interest at SMKN 1 Amurang, the magnitude of the variable's influence is 42%; 3) There is an effect of teacher creativity and learning resources on students' learning interest at SMKN 1 Amurang, the magnitude of the variable's influence is 70%.
Keywords: Teacher Creativity, Learning Resources and Learning Interest
References
Agus wibowo, H. (2012). Menjadi Guru Berkarakter.
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran.
Dr. Ani Cahyadi. S.Ag., M. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar.
Pengembangan Media dan Sumber Belajar, 15.
Dr.Ani Cahyadi, S. M. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. JM, B. (2010). Using Smartphone Application in Periperative Partice.
S, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum.
Chumiskey, M. 2013. There’s an App for That Smartphone Use In Health and Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation, & dance.
Davis, Bernard. Et.al 2012. Food and Beverage Management. Fourth Edition. Burlington: Elsevier.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghonzales, 2015. Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases On Information technology, 17, 31-50.
Kandori, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055
Laurrilard, D, 2007. Edagogical forms for mobile learning in: Pachler, N. (ed) 2007 Mobile Learning: towards a research agenda . (London: WLE Centre. IoE).
Prof. Dr. Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.
Rinjani, H dan Firmnto A 2013. Kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses Facebook pada remaja. Jurnal ilmiah Psikologi Terapan Malang : Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Malang.
Rohmah, O. C. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Mantiri, J., Dame, J. M. ., & Ranti, D. . (2021). PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 ERIS. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 96-111. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1624
Rohmalina Wahab, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2016
Oroh, S., Wuisang, J., & Putri, D. N. (2023). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7075
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono,2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Afabeta CV.
Suhana,Cucu, 2014. Konseb strategi Pembelajaran (edisi Revisi).Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah.2003. Minat Beajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldo Tumbelaka1 *, Henry J D Tamboto2, Iwan Kandori3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.