IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 4 TONDANO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10983

Keywords:

Implementation, Independent Learning Curriculum

Abstract

nbsp;< p>

ABSTRAK< strong>< p>

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi kurikulum merdeka belajar< p>

di smp negeri 4 Tondano Penelitian menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi Untuk mengecek keabsahan temuan dalam penelitian digunakan Triangulasi metode Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Negeri 4 Tondano sudah cukup baik dilihat dari: 1 Perencanaan dan Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka 2 Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka 3 Faktor Pendukung dan Upaya mengatasi Penghambat Implementai Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Tondano < p>

Kata Kunci< strong>: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar< p>

nbsp;< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This study aims to determine how the implementation of the independent learning curriculum is at SMP Negeri 4 Tondano The study uses a Qualitative research method with a Descriptive Approach Data collection techniques are carried out by means of observation interviews and documentation To check the validity of the findings in the study the Triangulation method was used The results of the study can be concluded that the Implementation of the Independent Curriculum at SMP Negeri 4 Tondano is quite good when viewed from: 1 Planning and Implementation of the Independent Curriculum Implementation 2 Strategy for Implementing the Independent Curriculum 3 Supporting Factors and Efforts to Overcome Inhibitors to the Implementation of the Independent Curriculum at SMP Negeri 4 Tondano < p>

Keywords:< strong> Implementation Independent Learning Curriculum< p>

References

Undang undang Republik Indnesia No 20 Tahun tentang SIKDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional

Alaika M Bagus Kurnia PS Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2020 hal 6

Ainia D K Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Jurnal Filsafat Indonesia 3 3 95 101 2020 hal 1

Ristek dan Teknologi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nomor 56 m 2022 1

Kemendikbud Merdeka Belajar : Pokok Pokok Kebijakan Merdeka Belajar Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia 2019

Hidayat Sholeh Pengembangan Kurikulum Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung 2015 hal 60

Departemen Pendidikan Nasional Pusat pembinaan dan pengmbangan Bahasa Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta 2010 15

Mulyasa Kurikulum Berbasis Kompetensi Bandung: Remaja Rosdakarya 2018 53

Kelas Pinter Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar https; www kelaspintar id bloginspirasi tahapan iplementasi kurikulum merdeka 17441 Diakses pada tanggal 08 September 2022

Joko Pramono implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik Surakarta: UNISRI Press 2020 2

Ermanovida dkk strategi Implementasi Kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid 19 dengan Menerapkan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran PKN di Universitas Sriwijaya Palembang: Bening Media Publishing 2021 45

Dian Kusumawardani Strategi Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas https: blog kejarcita id strategi melaksanakan pemebelajaran deferensiasi di kelas Diakses pada tanggal 5 oktober 2022

Nana Syaodih Sukmadinata Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Bandung: Remaja Rosdakarya 2005 hal 44

Syukri Bayumie Menakar Konsep Merdeka Belajar https: intens news menakar konsep merdeka belajar Diakses pada tanggal 29 Juli 2022

Gerakan Dairi Merdeka Belajar https merdekabelajar dairikab go id tentang kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar

Tempo CO Jakarta Nadiem Makarim Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir dikutip dari https: nasional tempo co read 1283493 nadiem makarim merdeka belajaradalahkemerdekaan berpikir full view=ok Diakses Tanggal 23 Maret 2022

Siti Mustaghfiroh Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 3 No 1 Maret 2020 h 145 146

Kemendikbud Merdeka Belajar: Pokok Pokok Kebijakan Merdeka Belajar Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia 2019 hal 146

Sekretariat GTK Merdeka Belajar Lihat https: gtk kemendikbud go id read news merdeka belajar Diakses pada tanggal 29 Juli 2022

Supini E 2020 5 Tantangan Program Merdeka Belajar Untuk Guru https: Blog Kejarcita Id 5 Tantangan Program Merdeka Belajar UntukGuru

Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta 2017 hal 9

Sudaryono Metodologi Penelitian Jakarta : Raja Grafindo Persada 2017 hal 91

Watung S Dolonseda H Sinoritha J 2023 Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 1 66 74 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i1 7078

Mashudi V R Manongko A C Kandori I 2024 IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA KAMPUS MERDEKA STUDI PADA MAHASISWA PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MANADO Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 1 14 https: doi org 10 53682 jpeunima v5i1 8917

Karundeng A C Lempas J D Mamentu M D 2024 Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa dikelas X Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tondano Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 204 212 https: doi org 10 53682 jpeunima v5i1 9781

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 4 TONDANO. (2024). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 414 424. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10983