IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 4 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10983Keywords:
Implementation, Independent Learning CurriculumAbstract
ABSTRAK
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi kurikulum merdeka belajar
di smp negeri 4 Tondano. Penelitian menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan temuan dalam penelitian digunakan Triangulasi metode Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka SMP Negeri 4 Tondano sudah cukup baik dilihat dari: 1.Perencanaan dan Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka, 2.Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka, 3.Faktor Pendukung dan Upaya mengatasi Penghambat Implementai Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Tondano.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar
ABSTRACT
This study aims to determine how the implementation of the independent learning curriculum is at SMP Negeri 4 Tondano. The study uses a Qualitative research method with a Descriptive Approach. Data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, and documentation. To check the validity of the findings in the study, the Triangulation method was used. The results of the study can be concluded that the Implementation of the Independent Curriculum at SMP Negeri 4 Tondano is quite good when viewed from: 1. Planning and Implementation of the Independent Curriculum Implementation, 2. Strategy for Implementing the Independent Curriculum, 3. Supporting Factors and Efforts to Overcome Inhibitors to the Implementation of the Independent Curriculum at SMP Negeri 4 Tondano.
Keywords: Implementation, Independent Learning Curriculum
References
Undang-undang Republik Indnesia No. 20 Tahun tentang SIKDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional)
Alaika M. Bagus Kurnia PS, Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020), hal. 6.
Ainia, D.K, Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter, (Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101, 2020), hal.1.
Ristek dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Nomor 56/m/2022,1.
Kemendikbud, Merdeka Belajar : Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar, Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia 2019
Hidayat Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung,2015), hal.60.
Departemen Pendidikan Nasional, Pusat pembinaan dan pengmbangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta,2010), 15.
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018),53
Kelas Pinter, Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, https;//www.kelaspintar.id/bloginspirasi/tahapan-iplementasi-kurikulum-merdeka-17441/, Diakses pada tanggal 08 September 2022
Joko Pramono, implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik, (Surakarta: UNISRI Press, 2020), 2.
Ermanovida, dkk, strategi Implementasi Kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid-19 dengan Menerapkan Teknologi Digital dalam Proses Pembelajaran PKN di Universitas Sriwijaya, (Palembang: Bening Media Publishing, 2021), 45.
Dian Kusumawardani, Strategi Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas.https://blog.kejarcita.id/strategi-melaksanakan-pemebelajaran-deferensiasi-di-kelas/ Diakses pada tanggal 5 oktober 2022.
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), hal.44.
Syukri Bayumie, Menakar Konsep Merdeka Belajar, https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/, Diakses pada tanggal 29 Juli 2022
Gerakan Dairi Merdeka Belajar, https//merdekabelajar.dairikab.go.id/tentang-kurikulum-merdeka-dan platform-merdeka-mengajar/.
Tempo. CO, Jakarta, Nadiem Makarim, Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir, dikutip dari, https://nasional.tempo.co/read/1283493/nadiem-makarim-merdeka-belajaradalahkemerdekaan berpikir/full&view=ok. Diakses Tanggal 23 Maret 2022
Siti Mustaghfiroh, Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, Maret (2020) h. 145-146.
Kemendikbud, Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar, Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia 2019, hal.146.
Sekretariat GTK, Merdeka Belajar. Lihat https://gtk.kemendikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar. Diakses pada tanggal 29 Juli 2022
Supini, E. (2020). 5 Tantangan Program Merdeka Belajar Untuk Guru. https://Blog.Kejarcita.Id/5-Tantangan-Program-Merdeka-Belajar- UntukGuru/.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017), hal.9.
Sudaryono, Metodologi Penelitian, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2017), hal.91.
Watung, S., Dolonseda, H., & Sinoritha, J. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 66-74. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7078
Mashudi, V. R., Manongko, A. C. ., & Kandori, I. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA KAMPUS MERDEKA STUDI PADA MAHASISWA PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.8917
Karundeng, A. C., Lempas, J. D., & Mamentu, M. D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa dikelas X Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tondano . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 204-212. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9781
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita A. Tandayu1 *, Niny Makaliwe2, Johny Taroreh, Jety D. Lempas3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.