PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Gian Tulangow Universitas Negeri Manado
  • Allen Ch. Manongko Universitas Negeri Manado
  • Johny Taroreh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10991

Keywords:

Scientific Approach, Learning Motivation, Student Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saintifik dan motifasi belajar terhadap hasil belajar siswa yang ada di SMK Negeri 1 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei. Dimanah menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Tujuannya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diambil dengan cara teknik observasi, studi dokumenter dan teknik kuesioner (angket). Uji normalitas data mentah  Pendekatan Saintifik (X1) dapat dilihat L hitung = 0, 1112 < L tabel = 1,266, maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal, Motivasi Belajar Siswa (X2) dapat dilihat L hitung = 0, 1212 < L tabel = 1,266,  maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal dan Hasil Belajar (Y) dapat dilihat L hitung = 0,1184 < L tabel = 1,266,  maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa

 

ABSTRACT

This study aims to determine the influence of scientific and learning motivation on student learning outcomes at SMK Negeri 1 Tondano. The method used in this study is a survey research method. Where using a questionnaire as an instrument for data collection. The aim is to obtain information about a number of respondents who are considered to represent a certain population. Data collection techniques in this study were taken by means of observation techniques, documentary studies and questionnaire techniques. The normality test of raw data Scientific Approach (X1) can be seen L count = 0.1112 < L table = 1.266, then it can be stated that the data is normally distributed, Student Learning Motivation (X2) can be seen L count = 0.1212 < L table = 1.266, then it can be stated that the data is normally distributed and Learning Outcomes (Y) can be seen L count = 0.1184 < L table = 1.266, then it can be stated that the data is normally distributed.

Keywords: Scientific Approach, Learning Motivation and Student Learning Outcomes

References

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Agus Lamawi. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 2 Pabedilan Kabupaten Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Andi Prastowo, Menyusun RPP Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/ MI (Jakartaː Prenadamedia, 2015), h. 350- 352.

Aqib, Zainal. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendekia.

Ayu Wandira. (2016). Motivasi Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Siswa Di SMS Adhyaksa Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.

B.Uno, Hamzah.(2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksana.

Danim Sudarman. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: ALFABETA,cv.Sanjaya,Wina. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Djaali. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/motivas

Kandori, I., Manongko, A. C., & Supit, C. . (2021). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 191-205. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1734

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Unnes. (2013). Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Semarang: Unnes Press.

Makmun Khairani. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Miami dalam Zaldy Munir. (2010). Pengertian Orang Tua. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhammad Yaumi, Prinsip- Prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013 (JakartaːKencana, 2016), h.230-231.

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mustamin. (2015). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Dalam Berbahasa Inggris Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Di Galesong Baru Makasar. Skripsi.UIN Alauddin Makassar.

Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran,(Yogyakartaː Aswaja Pressindo, 2012), h.

Permendiknas nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. (2007). Semarang. Diperbanyak oleh LPMP.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013 (Jakartaː PT Bumi Aksara,2014), .h.50-54

Risnawati. (2013). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII IPA Man Bontoharu Selayar. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Rusdinal, dkk. (2005). Pengelolaan Kelas Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidkan Nasional.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Grafindo.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, (Jakartaː Kencana, 2012). H.173-177

Undang undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 , Tahun 2005. (2008). Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia, p.65.

Uno, B. Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan ReformasiPendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Wahidmurni, Metodologi Pembelajaran IPS (Jakartaː Ar- Ruzz Media,2017), h.148

Widnaningsih dalam Indah Pertiwi. (2010). Pengertian Orang Tua.

Yamin, H. Martinis. (2006).Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Pers: Jakarta.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Tulangow, G., Manongko, A. C. ., & Taroreh, J. (2024). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 425-434. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10991

Issue

Section

Articles