PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 ERIS

Authors

  • Olen Lendo Universitas Negeri Manado
  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Silvana Oroh Universitas Negeri Manado
  • Amsje Winokan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10992

Keywords:

Learning Interest, Hybrid Learning Model, Learning Outcomes

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh minat belajar dan model pembelajaran hybrid learning secara bersama sama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di smp negeri 2 eris.

Pendekatan kuantitatif bersumber dari data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sempel penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di smp negeri 2 eris yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dengan taraf 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 33 orang siswa.

Hasil penelitian menunjukan variabel model pembelajaran hybrid learning secara bersama sama memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di smp negeri 2 eris.

Kata Kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran Hybrid Learning, Hasil Belajar

 

 

Abstrack

This study aims to determine how the influence of learning interest and the hybrid learning model together on student learning outcomes in social studies learning at SMP Negeri 2 Eris.

The quantitative approach is based on data and information primarily obtained from respondents as research samples using questionnaires or surveys as data collection instruments. The population in this study were students at SMP Negeri 2 Eris totaling 36 students. The sampling technique used was random sampling with a level of 5% so that a sample of 33 students was obtained.

The results of the study showed that the hybrid learning model variables together had a positive or significant influence on student learning outcomes in social studies learning at SMP Negeri 2 Eris.

Keywords: Learning Interest, Hybrid Learning Model, Learning Outcomes

References

Dakhi, A. S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-470.

Dame, J., Lempas, J., & Pongilatan, C. . (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 298-305. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5177

Friantini, R. N., & Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6–11.

Hartoto, Tri. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Historia. Vol 4. No 2. 131-142.

Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. 2020. Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.

Masikome, S. I. S. ., Kandori, I., & Oroh, S. . (2023). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Kelas X SMAN 4 Manado. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 311-322.

Muin, A., Jauhar, S., Jafar, M. I., & Tammah, N. 2022. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya ( SBdP ) Kelas V. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol 6. No 1. Hlm 122–128.

Mamahit, I. ., Kandori, I., & Mamentu, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Perkantoran Di Smk Negeri 1 Amurang. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 228-235. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8424

Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2020. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). 659-663.

Nasution. 2018. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 11(1) : 9-16.

Rahmat, P.S. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi. Aksara.

Reski, N. 2021. Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.

Rifai’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Kelas X A Dan X B Sma Negeri 1 Tompaso. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720

Sawat, N., Pongoh, S. ., & Tiwow, G. M. (2021). PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 81-95. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1733

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. 2018. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30.

Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Syafi’i, A. 2021. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 117.

Syah, Muhibbin. 2016. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widiarti, E. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Lendo, O., Tawas, Y., Oroh, S., & Winokan, A. (2024). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 ERIS. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 435-444. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10992

Issue

Section

Articles