PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 ERIS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10992

Keywords:

Learning Interest, Hybrid Learning Model, Learning Outcomes

Abstract

Abstrak< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh minat belajar dan model pembelajaran hybrid learning secara bersama sama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di smp negeri 2 eris < p>

Pendekatan kuantitatif bersumber dari data dan informasi utamanya diperoleh dari responden sebagai sempel penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen pengumpulan data Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di smp negeri 2 eris yang berjumlah 36 orang siswa Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dengan taraf 5 sehingga diperoleh sampel sebanyak 33 orang siswa < p>

Hasil penelitian menunjukan variabel model pembelajaran hybrid learning secara bersama sama memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di smp negeri 2 eris < p>

Kata Kunci:< strong> Minat Belajar Model Pembelajaran Hybrid Learning Hasil Belajar< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

Abstrack< strong>< p>

This study aims to determine how the influence of learning interest and the hybrid learning model together on student learning outcomes in social studies learning at SMP Negeri 2 Eris < p>

The quantitative approach is based on data and information primarily obtained from respondents as research samples using questionnaires or surveys as data collection instruments The population in this study were students at SMP Negeri 2 Eris totaling 36 students The sampling technique used was random sampling with a level of 5 so that a sample of 33 students was obtained < p>

The results of the study showed that the hybrid learning model variables together had a positive or significant influence on student learning outcomes in social studies learning at SMP Negeri 2 Eris < p>

Keywords< strong>: Learning Interest Hybrid Learning Model Learning Outcomes< p>

References

Dakhi A S 2020 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Jurnal Education and development 8 2 468 470

Dame J Lempas J Pongilatan C 2022 Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3 2 298 305 https: doi org 10 53682 jpeunima v3i2 5177

Friantini R N Winata R 2019 Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran JPMI Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 4 1 6 11

Hartoto Tri 2016 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Gi Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Jurnal Historia Vol 4 No 2 131 142

Lena I M Anggraini I A Utami W D Rahma S B 2020 Analisis Minat Dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7 1 23 28

Masikome S I S Kandori I Oroh S 2023 Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pbl Pada Kelas X SMAN 4 Manado Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 2s 311 322

Muin A Jauhar S Jafar M I Tammah N 2022 JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya SBdP Kelas V Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 6 No 1 Hlm 122 128

Mamahit I Kandori I Mamentu M 2023 Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Perkantoran Di Smk Negeri 1 Amurang Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 2 228 235 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i2 8424

Nabillah T Abadi A P 2020 Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Prosiding Sesiomadika 2 1c 659 663

Nasution 2018 Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11 1 : 9 16

Rahmat P S 2018 Psikologi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara

Reski N 2021 Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh Jurnal Inovasi Penelitian 1 11 2485 2490

Rifai i Achmad dan Catharina Tri Anni 2009 Psikologi Pendidikan Semarang: Unnes Press

Palar S Tamboto H J Kandori I Manongko A C 2024 Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pbl Dan Project Based Learning Pjbl Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Kelas X A Dan X B Sma Negeri 1 Tompaso Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 1 110 119 https: doi org 10 53682 jpeunima v5i1 9720

Sawat N Pongoh S Tiwow G M 2021 PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 1 81 95 https: doi org 10 53682 jpeunima v2i1 1733

Sardiman 2018 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers

Saputra H D Ismet F Andrizal A 2018 Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18 1 25 30

Slameto 2018 Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods Bandung: CV Alfabeta

Syafi i A 2021 Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi Jurnal Komunikasi Pendidikan 117

Syah Muhibbin 2016 Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya

Widiarti E 2018 Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan Jurnal Pendidikan Ekonomi 7 4 298 305

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 ERIS. (2024). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 435 444. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10992