PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TOMPASO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10996Keywords:
Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Higher Order Thinking Skills (HOTS)Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Kelas XIA dan XIB SMA Negeri 1 Tompaso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi-eksperimen atau termasuk dalam bentuk one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini melibatkan siswa kelas XIA 25 orang siswa dan XIB 25 orang siswa di SMA Negeri 1 Tompaso pada tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian (Pretest dan Posttest). Hasil Penelitian Secara Keseluruhan, Problem Based Learning (PBL) menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dari Project Based Learning (PjBL) dari nilai pretest dan posttest. Perbandingan antara model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ada di SMA Negeri 1 Tompaso.
Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Abstract
The purpose of this study was to determine the comparison of Learning Outcomes Using the Problem Based Learning (PBL) and Project Based Learning (PjBL) Models Oriented to Higher Order Thinking Skills (HOTS) on the Learning Outcomes of Economics Class XIA and XIB SMA Negeri 1 Tompaso. This study uses a quantitative method with a quasi-experimental research design or is included in the form of one group pretest-posttest. The sample of this study involved 25 students of class XIA and 25 students of class XIB SMA Negeri 1 Tompaso in the 2023/2024 academic year. Data collection was carried out through descriptive tests (Pretest and Posttest). Overall Research Results, Problem Based Learning (PBL) showed a higher increase than Project Based Learning (PjBL) from the pretest and posttest scores. The comparison between the Problem Based Learning (PBL) model and the Project Based Learning (PjBL) model both have advantages and are able to improve student learning outcomes at SMA Negeri 1 Tompaso.
Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Higher Order Thinking Skills (HOTS)
References
Bedasarkan hasil analisi data penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Terdapat pengaruh ketercapain (HOTS) yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dengan gain 74,7% dan hasil posttest siswa mendapat rata-rata 85,64 dengan ketercapaian (HOTS0 kategori cukup
Terdapat pengaruh ketercapain (HOTS) yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learnig (PjBL) dengan gain 58,16% dan hasil posttest siswa mendapat rata-rata 76,48 dengan ketercapaian (HOTS) kategori cukup
Tidak terdapat perbedaan pengaruh menggunakan model pembelajaran (PBL) dan (PjBL) terhadap ketercapain (HOTS) pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI
DAFTAR PUSTAKA
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Invatif, Progres dan Kontekstual : Konsep, Ladasan, dan Implementasipada kurikulum 2013 ( Kurikulum Tematik Integratif), (Jakarta Kencana, 2014), 42.
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran (Yogyakarta Aswaja Pressindo, 2014), 197
Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Berbasis HOTS (Tanggerang: Tira Smart, 2019), v.
Fuaddilah Ali Sofyan “Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013”, Jurnal Inventa 1Maret 2019,4-5.
Arifin Nugroho, HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep Pembelajaran Penilaian dan soal-soal) (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018), 16
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt Raja Grafindo.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran : Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berfikir (6th Ed.). Jakarta: Indeks.
Nugroho, A. (2018a). Hots (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Pt Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nugroho, A. (2018b). Hots Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian Dan Soal-Soal. Jakarta: Grasindo.
Friska G. Woran, Allen Ch. Manongko, Jetty D. Lempas. Analisis Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Kristen Kawangkoan. Literacy Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.4 No 1 2023.
Yance Tawas, Iwan Kandori dan Johanes (2023). “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 2 Tondano”.
Hamalik. (2003,hlm.155). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Puspitasari, R. P., Sutarno, & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2016, 503–511.
Oroh, Chidana, Tamboto, Hendry & Watung, Sjedie. Pengaruh Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa di SMA Negeri 7 Manado Kelas XI IPS.Literacy-Jurnal Pendidikan Ekonomi (2), 71-89,2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Karmila Kalua’1 *, Henry J D Tamboto2, Jety D. Lempas, Allen Manongko3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.