PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMK NEGERI 5 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12596Keywords:
Teknologi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 5 Manado. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 56 siswa yang dipilih secara acak sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda, korelasi sederhana, dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan teknologi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (thitung = 12,752 > ttabel = 2,004) serta antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa (thitung = 6,389 > ttabel = 2,004). Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 74,53% terhadap hasil belajar siswa, dengan fhitung = 29,395 > ftabel = 3,171. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknologi pembelajaran dan peningkatan motivasi belajar berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, sekolah disarankan untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran serta memperhatikan aspek motivasi siswa guna meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Kata-kata Kunci: Teknologi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, SMK Negeri 5 Manado
References
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Kuhu, F., Kambey, . J. ., Kandori, I., & Wokas, S. . (2024). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Smks Kristen 2 Tomohon. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 38-44. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.8915
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.
Tamboto, H. (2024). Pengaruh Kompetensi Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Belajar Siswa Sma Negeri 1 Modoinding. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 26-31. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9693
Kandori, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Ix Di Sma Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055
Mayer, R. E. (2021). Teaching with Technology: Theories, Research, and Practice (edisi ke-3). New York: Routledge.
Rusman, dkk. (2011). PembelajaranBerbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Raja Granfindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 1 Modoinding. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agung Rai Putri, Meike Mamentu, Joubert M. Dame, Johny Taroreh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.