PERAN SELF-EFFICACY DALAM MEMODERASI PENGARUH TPACK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Authors

  • Lidia Aprileny Hutahaean Universitas Negeri Manado
  • Dominikus Rojoki Manullang Universitas Negeri Manado
  • Vinda Afnita Universitas Negeri Manado
  • I Kadek Satria Arsana Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12604

Keywords:

TPACK, Self-Efficacy, Kesiapan Menjadi Guru Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) terhadap kesiapan menajdi guru profesional dengan Self-efficacy sebagai variabel moderasi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Manado. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis jalur (path analysis). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Manado angkatan 2022 sampai 2024 dengan populasi berjumlah 376 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 190 Mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner yang diuji validitas dan realibilitasnya. Analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa TPACK memiliki pengaruh postif yang signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan t-hitung faktualnya sebesar 4.44 yang juga melampaui nilai t-tabel 1,96, atau nilai p values 0.00 < 0,05. Hasil pengujian berikutnya menunjukkan nilai koefisien dari interaksi TPACK terhadap Kesiapan menjadi guru profesional yang dimoderasi Self-efficacy sebesar t-statistik yaitu sebesar 1.486 dan P value 0.137. Dari hasil ini dinyatakan t-statistik tidak signifikan. karena <1,96 dengan p-value > 0.05 yaitu sebesar 0.13. Hal tersebut menunjukkan bahwa Self-efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh TPACK terhadap Kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Manado.

References

Agustiani, E. D. (2020). Guru IPA dan Calon Guru IPA Menghadapi Soal-Soal Berkarakter PISA. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 67–86.

Ajizah, I., & Huda, M. N. (2020). TPACK sebagai bekal guru PAI di Era Revolusi Industri 4.0. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333–352.

Bandura, A. (1982). Self-efficacy mechanism in human agency. American Psychologist, 37(2), 122.

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan tpack (technological, pedagogical, content knowledge) guru sekolah dasar sikl dalam melaksanakan pembelajaran era digital. Journal of Educational Integration and Development (JEID), 2(1), 15–27.

Heru, R. E. Y., Nery, R. S., & Kesumawati, N. (2021). Pengembangan instrumen kesiapan guru matematika pada pembelajaran daring dalam perspektif tpack. Populasi, 150(200), 250.

Huda, C., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2017). Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Manullang, D. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Technopreneurship Intention Dimoderasi Oleh Self Efficacy dan Literasi Digital (Survei Pada Siswa SMK Negeri di Jakarta Timur). Universitas Pendidikan Indonesia.

Manullang, D. R., & Waspada, I. (2022). Peran self efficacy dalam memoderasi pengaruh digital literacy terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 118–129.

Nani, E. F., & Melati, I. S. (2020). Peran Self Efficacy Dalam Memediasi Motivasi, Persepsi Profesi Guru Dan Gender Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 487–502.

Putri, A. A., & Surjanti, J. (2024). PENGARUH TPACK DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI 2020. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(3).

Rahayu, S. (2017). Technological pedagogical content knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 9, 1–14.

Riahmatika, I., & Widhiastuti, R. (2019). Peran self-efficacy dalam memediasi pengaruh persepsi kesejahteraan guru, figur guru panutan dan pengalaman mengajar terhadap kesiapan berkarir menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 983–1000.

Rihada, A. M., Jagat, R. S. A., & Setiabudi, D. I. (2021). Refleksi guru dalam pengembangan pembelajaran berdasarkan hasil PISA (Programme for Interational Student Assessment). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 1–8.

Sakti, R., & Eliza, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan guru untuk pembelajaran online di PAUD: Technological pedagogical and content knowledge (TPACK). Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 357–373.

Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) the development and validation of an assessment instrument for preservice teachers. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 123–149.

Suwartini, S. (2016). Teori kepribadian social cognitive: kajian pemikiran Albert Bandura personality Theory social cognitive: Albert Bandura. Al-Tazkiah Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 37–46.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan tpack (technolgical, pedagogical, and content, knowledge) guru biologi sma dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berdasarkan konsep Tpack pada materi garis dan sudut menggunakan hawgent dynamic mathematics software. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 205–214.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik indonesia: Hasil PISA dan faktor penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19.

Zulhazlinda, W., Noviani, L., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh TPACK terhadap kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa pendidikan ekonomi di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(1), 26–38.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hutahaean, L. A., Manullang, D. R., Vinda Afnita, & Arsana, I. K. S. (2025). PERAN SELF-EFFICACY DALAM MEMODERASI PENGARUH TPACK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 176–188. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12604

Issue

Section

Articles