ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY AS A MEDIATOR MEDIATOR BETWEEN EXPERIENTIAL LEARNING AND ENTREPRENEURIAL INTENTION
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12605Keywords:
Efikasi Diri, Minat Berwirausaha, Mediasi, Pembelajaran Berbasis Pengalaman, PLS-SEMAbstract
Studi ini secara sistematis menyelidiki bagaimana experiential learning berdampak pada keinginan untuk menjadi pengusaha, dengan entrepreneurial self-efficacy sebagai variable mediasi, pada siswa pendidikan ekonomi. Hasil analisis menunjukkan bahwa niat berwirausaha dipengaruhi secara langsung oleh pembelajaran berbasis pengalaman. Selain itu, pembelajaran ini meningkatkan minat siswa untuk berwirausaha, tetapi minat ini belum sepenuhnya diiringi oleh kesiapan psikologis dan keyakinan diri mereka untuk benar-benar memulai bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan entrepreneurial self-efficacy sebagai mediator dalam hubungan antara pengalaman belajar dan niat berwirausaha pada siswa pendidikan ekonomi. Kemampuan entrepreneurial self-efficacy adalah salah satu faktor penting yang berperan dalam menjembatani pengalaman belajar dengan pembentukan niat berwirausaha. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dengan skala Likert kepada 190 responden yang dipilih secara random. Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential learning memengaruhi entrepreneurial self-efficacy dan entrepreneurial intention secara signifikan; selain itu, entrepreneurial self-efficacy terbukti berperan sebagai mediator. Hasilnya menunjukkan bahwa experiential learning dan aplikatif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap potensi kewirausahaan mereka. Pengalaman ini kemudian mendorong pembentukan entrepreneurial intention untuk berwirausaha. Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi teoretis untuk penciptaan model pembelajaran kewirausahaan, tetapi juga menekankan betapa pentingnya experiential learning untuk menjadi bagian dari pembelajaran. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menggunakan metode longitudinal. Selain itu, penelitian harus mempertimbangkan faktor tambahan seperti dukungan sosial dan orientasi masa depan.
References
Ajzen, I. (n.d.). The Theory of Planned Behavior.
Amin, L., & Fajri, A. (2024). Ekombis Review-Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Entrepreneurial Self-Efficacy In Entrepreneurial Intention: The Mediating Role Of Entrepreneurial Education ARTICLE HISTORY. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12, 4017–4024. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i4
Anwar, G., & Abdullah, N. N. (n.d.). Inspiring future entrepreneurs: The effect of experiential learning on the entrepreneurial intention at higher education. International Journal of English Literature and Social Sciences, 6(2). https://doi.org/10.22161/ijels
Baciu, E. L., Vîrgă, D., Lazăr, T. A., Gligor, D., & Jurcuț, C. N. (2020). The association between entrepreneurial perceived behavioral control, personality, empathy, and assertiveness in a romanian sample of nascent entrepreneurs. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–16. https://doi.org/10.3390/su122410490
Bae, T. J., Qian, S., Miao, C., & Fiet, J. O. (2014). The Relationship Between Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions: A Meta-Analytic Review. Entrepreneurship: Theory and Practice, 38(2), 217–254. https://doi.org/10.1111/etap.12095
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercis. W.H. Freeman and Company.
Chell, E. (2013). Review of skill and the entrepreneurial process. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research, 19(1), 6–31. https://doi.org/10.1108/13552551311299233
Chen, C. C., Greene, P. G., & Crick, A. (1998). DOES ENTREPRENEURIAL SELF-EFFICACY DISTINGUISH ENTREPRENEURS FROM MANAGERS? In Journal of Business Venturing (Vol. 13).
Hockerts, K. (2018). The Effect of Experiential Social Entrepreneurship Education on Intention Formation in Students. Journal of Social Entrepreneurship, 9(3), 234–256. https://doi.org/10.1080/19420676.2018.1498377
Mehmood, A., Shahid Pervez, M., Mughal, A., & Shahzad, F. (2024). Impact of Entrepreneurship Education, Need for Achievement, and Entrepreneurial Intention on Entrepreneurial Self-Efficacy among Students in Pakistan. Journal of Social & Organizational Matters, 3, 290–306. https://doi.org/10.56976/jsom.v
Newman, A., Obschonka, M., Schwarz, S., Cohen, M., & Nielsen, I. (2019). Entrepreneurial self-efficacy: A systematic review of the literature on its theoretical foundations, measurement, antecedents, and outcomes, and an agenda for future research. In Journal of Vocational Behavior (Vol. 110, pp. 403–419). Academic Press Inc. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2018.05.012
Nguyen, T. T., Nguyen, L. T. P., Phan, H. T. T., & Vu, A. T. (2021). Impact of Entrepreneurship Extracurricular Activities and Inspiration on Entrepreneurial Intention: Mediator and Moderator Effect. SAGE Open, 11(3). https://doi.org/10.1177/21582440211032174
Schmutzler, J., Andonova, V., & Diaz-Serrano, L. (2019). How Context Shapes Entrepreneurial Self-Efficacy as a Driver of Entrepreneurial Intentions: A Multilevel Approach. Entrepreneurship: Theory and Practice, 43(5), 880–920. https://doi.org/10.1177/1042258717753142
Tripopsakul, S. (2025). Social Norms, Attitudes, Self-Efficacy, and Entrepreneurial Intentions: Moderating Roles of Education, Risk Tolerance, and Innovation Orientation. International Journal of Analysis and Applications, 23. https://doi.org/10.28924/2291-8639-23-2025-74
Zhang, H., Regmi, R., Zhang, Z., & Pan, C. (2022). The Relationship between Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions of College Students in China: Focus on Mediating Effect of Entrepreneurial Opportunity Recognition and Entrepreneurial Self-Efficacy. Open Journal of Social Sciences, 10(13), 384–404. https://doi.org/10.4236/jss.2022.1013028
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vinda Afnita*, Dominikus Rojoki Manullang, Iwan Kandori, I Kadek Satria Arsana4

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.