PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK N 1 MOTOLING TIMUR

Authors

  • Gilly Tiwow Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang Universitas Negeri Manado
  • Devyano Ranti Universitas Negeri Manado
  • Luis Sumangkut Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12618

Keywords:

Pedagogical Competence, Learning Facilities, Student Learning Achievement.

Abstract

This study aims to determine the effect of Pedagogical Competence and School Learning Facilities on Student Learning Achievement at SMK Negeri 1 Motoling Timur.

This study uses three variables, namely (X1) Pedagogical Competence variable, Learning Facilities (X2) and Student Learning Achievement (Y). Where (X1) and (X2) Using a questionnaire given to 50 students who are members of the class XI student population of SMK Negeri 1 Motoling Timur. The questionnaire uses a Likert scale with 15 questions, each alternative answer choice has a different score. While (Y) is measured using the report card results.

The results of the Regression Equation are: Y = 56.76 + 0.28X1 + 0.16X2, this shows that there is an influence between pedagogical competence and learning facilities on student learning achievement, meaning that every 1 unit increase in the pedagogical competence and learning facilities variables will increase student learning achievement by.

Keywords: Pedagogical Competence, Learning Facilities, Student Learning Achievement.

References

Alina ani suryani, erlisahambal, dan prayoga suryadama (2010), prestasi belajar siswa dan kompetensi guru, jakarta.

Anonim. 2015. Pedoman Penyusunan Skripsi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Burhanuddin, Salam. 2008. Pengantar Pedagogik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dadi dan Daeng. 2013. Panduan Menjadi Guru Profesional. Bandung: Nuansa Aulia.

Harumi - Irza A. Syaddad Zakiah - Dewi Isnawati Intan Putri. Teori Belajar Behaviorisme Dalam Perspektif Pemikiran Tokoh-Tokohnya

Hartanti Wahyu Rizki. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo. Skripsi. Purworejo.

Irsazan sapril. 2016. Kompetensi guru terhadap prestasi siswa dan hasil belajar siswa

Jamal Ma’mur, Asmani. 2009, 7 kompetensi guru. Power books Banguntapan, Jogjakarta

Kunandar.(2016). Pedagogic guru.jakarta : PT raja grafindo parsada.

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mamahit, I. ., Kandori, I., & Mamentu, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Perkantoran Di Smk Negeri 1 Amurang. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 228-235. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8424

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Rondi, Ahmad. Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Tempel Sleman. Skripsi. Yogyakarta.

Ruzana, Arina. 2010. Pengaruh Komunikasi Guru Dan Fasilitas Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Bekerjasama Dengan

Siswoyo Dwi, dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar murniwan. 2015 . peran fasilitas belajar sekolah dalam dunia pendidikan. Jurnal ilmia Edukasii. Vol 1, (1)Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusufhadi. 2009. Sinopsis kompetensi guru. http: //yusufhadi.net/wpcontent/uploads/sinopsis-kompetensi-guru.pdf. Diakses tanggal 19 November 2015.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Tiwow, G., Wuisang, J., Ranti, D., & Sumangkut, L. (2025). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK N 1 MOTOLING TIMUR. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 215–223. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12618

Issue

Section

Articles