PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE DAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI I REMBOKEN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1609Keywords:
Bermain Game Online, Pembelajaran Daring, Antusias BelajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bermain game online < em>dan sistem pembelajaran daring terhadap antusias belajar siswa sma negeri 1 remboken Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei analitis Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken yang berjumlah 30 orang Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner dan dokumentasi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukan bahwa variable bermain game online < em> nbsp;memiliki pengaruh terhadap variabel antusias belajar hal ini berarti ketika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken bermain game online < em>secukupnya hanya untuk menghilangkan rasa penat maka hal itu akan meningkatkan kembali rasa antusias belajar Hasil penelitian menunjukan bahwa nbsp; variable pembelajaran daring memberikan pengaruh terhadap variabel antusias belajar hal ini berarti ketika siswa melakukan pembelajaran daring dengan metode belajar yang menyenagkan maka dapat meningkatkan antusias belajar siswa hasil penelitian menunjukan bahwa variable bermain game online < em>dan pembelajaran daring secara bersama sama simultan berpengaruh terhadap antusias belajar siswa kelas XI IPS SMA negeri 1 Remboken Artinya jika siswa bisa memanfaatkan game online < em>dan pembelajaran daring dengan baik maka antusias belajar akan meningkat < p>
References
Djaka 2006 Kamus Lengkap Bahasa
Indonesia Masa Kini Pustaka Mandiri Surakarta
Ernest A dan Rollings A 2006 Fundamentals Of Game Design Prentice Hall Graha Ilmu Yogyakarta
Kurniawan D E 2017 Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku
Sudono A 2000 Sumber Belajar dan Alat Pemainan Grasindo Jakarta
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitati Kualitatif dan R D Alfabeta Bandung
Sugiyono 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Alfabeta Bandung
Suryabata 2000 Metodologi Penelitian PT Raja Grafindo Jakarta
Wongso A 2008 Melatih Antusiasme Belajar Siswa Terhadap Prestasi
http: www andriewongso com artikel melatih antusiasme siswa terhadap prestasi
PUSTAKA DARI HALAMAN WEBSITE
Http: reviandhika95 wordpress com 2012 10 12 Sejarah dan perkembanga game online
Surat Edaran Dikjen Dikti Nomor 262 E E2 KM 2020 Tentang Pembelajaran Selama Masa darurat Pandemic COVID 19 Kemendikbud Jakarta

ÂÂÂÂÂ