HUBUNGAN ANTARA KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SMK LPMD ADOW

Authors

  • Santima Podomi Fekon Unima
  • Ventje A Senduk Universitas Negeri Manado
  • Feine R Tulung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1616

Keywords:

Kunjungan ke Perpustakaan, Minat Baca, Kemampuan Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow;  untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow;  untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan dan  minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi adalah siswa SMK LPMD Adow yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 83 orang siswa dan sampel sebanyak 69 siswa. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,49 atau 49%. terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,53 atau 53%. terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,77 atau 77%.

Kata Kunci : Kunjungan ke Perpustakaan, Minat Baca dan Kemampuan Belajar

 

 

ABSTRACT

This study aims: to determine whether there is a relationship between visits to the library and the learning ability of students in Adow Junior High Schools LPMD; to determine whether there is a relationship between reading interest and students' learning ability in Adow Primary Schools Junior High Schools, Adow; to determine whether there is a relationship between visits to the library and interest in reading on the learning ability of students at Adow Junior High School. This research is a correlational study with a population of students of SMK LPMD Adow which consists of three classes with a total of 83 students and a sample of 69 students. The prerequisite test analysis used the normality test and linearity test. The data analysis used is simple correlation analysis and multiple correlation. The results showed that there was a significant relationship between visits to the library on students' learning abilities, amounting to 0.49 or 49%. There is a significant relationship between reading interest and student learning ability, amounting to 0.53 or 53%. There is a significant relationship between visits to the library and reading interest on students' learning abilities, amounting to 0.77 or 77%.

Keywords: Library Visit, Reading Interest and Learning Ability

 

 

References

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Ibrahim, Bafadal. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sulistyo dan Basuki. 2001. Periodesasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Suwarno, 2011. Perpustakaan dan buku wacana penulisan, dan penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

Podomi, S., Senduk, V. A., & Tulung , F. R. (2021). HUBUNGAN ANTARA KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SMK LPMD ADOW. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 112-129. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1616

Issue

Section

Articles