HUBUNGAN ANTARA KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SMK LPMD ADOW
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1616Keywords:
Kunjungan ke Perpustakaan, Minat Baca, Kemampuan BelajarAbstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow; untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow; untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi adalah siswa SMK LPMD Adow yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 83 orang siswa dan sampel sebanyak 69 siswa. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,49 atau 49%. terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,53 atau 53%. terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,77 atau 77%.
Kata Kunci : Kunjungan ke Perpustakaan, Minat Baca dan Kemampuan Belajar
ABSTRACT
This study aims: to determine whether there is a relationship between visits to the library and the learning ability of students in Adow Junior High Schools LPMD; to determine whether there is a relationship between reading interest and students' learning ability in Adow Primary Schools Junior High Schools, Adow; to determine whether there is a relationship between visits to the library and interest in reading on the learning ability of students at Adow Junior High School. This research is a correlational study with a population of students of SMK LPMD Adow which consists of three classes with a total of 83 students and a sample of 69 students. The prerequisite test analysis used the normality test and linearity test. The data analysis used is simple correlation analysis and multiple correlation. The results showed that there was a significant relationship between visits to the library on students' learning abilities, amounting to 0.49 or 49%. There is a significant relationship between reading interest and student learning ability, amounting to 0.53 or 53%. There is a significant relationship between visits to the library and reading interest on students' learning abilities, amounting to 0.77 or 77%.
Keywords: Library Visit, Reading Interest and Learning Ability
References
Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Ibrahim, Bafadal. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sulistyo dan Basuki. 2001. Periodesasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Suwarno, 2011. Perpustakaan dan buku wacana penulisan, dan penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Santima Podomi, Ventje A Senduk, Feine R Tulung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.