PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN E LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BITUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1644

Keywords:

Model Pembelajaran Langsung, Model Pembelajaran E-learning, Minat Belajar

Abstract

Abstrak< strong>< p>

Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui besar atau kecilnya pengaruh model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e learning terhadap minat belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 77 siswa Teknik yang digunakan dalam penelitan ini pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi Hasil uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas Metode analisis dalam penelitan adalah analisis regresi berganda analisis regresi sederharana analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran langsung terhadap minat siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung dengan thitung = 9 31 gt; ttabel = 1 66 Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran e learning terhadap minat belajar siswa peminatan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung dengan nilai thitung = 9 11 gt; ttabel = 1 66 Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e learning terhadap minat belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung Fhitung = 16 93 gt; Ftabel = 3 12 pada taraf signifikan 5 nilai R square sebesar 0 3136 atau 31 36 < p>

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung Model Pembelajaran E learning Minat Belajar< em>< strong>< p>

< p>

Abstract < strong>< p>

This study aims to determine whether the direct learning model and e learning model affect the learning interest of students majoring in accounting at SMK Negeri 1 Bitung The research methodology used is a survey method with a quantitative approach with a sample of 77 students The technique used in this study to collect data is a questionnaire and documentation The results of the requirements analysis test used the normality test and the linearity test The method of analysis in this study is multiple regression analysis simple regression analysis simple correlation analysis and multiple correlation analysis The results of this study indicate that there is a positive and significant effect of direct learning model on interest in learning accounting at SMK Negeri 1 Bitung with tcount = 9 31 gt; ttable = 1 66 There is a positive and significant effect of the e learning learning model on interest in learning accounting at SMK Negeri 1 Bitung with a value of tcount = 9 11 gt; ttable = 1 66 There is a positive and significant effect of direct learning model and e learning learning model on interest in learning accounting at SMK Negeri 1 Bitung Fcount = 16 93 gt; Ftable = 3 12 at a significance level of 5 R square value of 0 3136 or 31 36 < p>

Keywords: Direct Learning Model E learning Learning Model Learning Interest < em>< strong>< p>

References

Arikunto 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta Endi Dinastyawan Suyitno 2016 yang berjudul Pengaruh Pembelajaran E Learning Dan

Praktikum Otomotif Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Program Studi TKR di SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015 2016 http: repository umpwr ac id:8080 handle 123456789 1655

Hamalik Oemar 2005 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Sinar Grafika

Indra Sakti tahun 2011 dengan judul pengaruh Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu https: jurnal fmipa unila ac id semirata article view 778

Khairani Makmun 2014 Psikologi Belajar Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Nini Subini 2011 Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak Yogyakarta: Javalitera Pomuri Agung Prabowo Joubert Dame and Shelty Sumual Pengaruh Efektifitas

Mengajar Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA 1 Modayag Jurnal Pendidikan Ekonomi 5 2 2020

Rahyubi Heri 2012 Teori teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Bandung: Penerbit Nusa Media

Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka CiptaSriyanti Lilik 2009 Psikologi Pendidikan Salatiga: STAIN Salatiga Press

Sriyanti Lilik 2009 Psikologi pendidikan Salatiga : STAIN Salatiga Press

Sudarsono 2003 Menumbuhkan minat belajar untuk mencapai sukses dalam studi

Dalam sejarah remaja Gen 2000 No 4 Th II Tri Wulan IV 2003

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Syah Muhibbin 2002 Psikolagi Belajar Jakarta: Raja Grafindo Persada

Thobroni Mustofa 2015 Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA

Additional Files

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN E LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BITUNG. (2021). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 206 219. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1644