PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1644Keywords:
Model Pembelajaran Langsung, Model Pembelajaran E-learning, Minat BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui besar atau kecilnya pengaruh model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 77 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitan ini pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hasil uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis dalam penelitan adalah analisis regresi berganda,analisis regresi sederharana, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran langsung terhadap minat siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung dengan thitung = 9,31 > ttabel = 1,66. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa peminatan akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung dengan nilai thitung = 9,11 > ttabel = 1,66. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran langsung dan model pembelajaran e-learning terhadap minat belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Bitung Fhitung = 16,93 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan 5% nilai R square sebesar 0,3136 atau 31,36 %.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Model Pembelajaran E-learning , Minat Belajar
Abstract
This study aims to determine whether the direct learning model and e-learning model affect the learning interest of students majoring in accounting at SMK Negeri 1 Bitung. The research methodology used is a survey method with a quantitative approach with a sample of 77 students. The technique used in this study to collect data is a questionnaire and documentation. The results of the requirements analysis test used the normality test and the linearity test. The method of analysis in this study is multiple regression analysis, simple regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect of direct learning model on interest in learning accounting at SMK Negeri 1 Bitung with tcount = 9.31 > ttable = 1.66. There is a positive and significant effect of the e-learning learning model on interest in learning accounting at SMK Negeri 1 Bitung with a value of tcount = 9.11 > ttable = 1.66. There is a positive and significant effect of direct learning model and e-learning learning model on interest in learning accounting at SMK Negeri 1 Bitung Fcount = 16.93 > Ftable = 3.12 at a significance level of 5% R square value of 0.3136 or 31.36 %
Keywords: Direct Learning Model, E-learning Learning Model, Learning Interest.
References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Endi Dinastyawan, Suyitno 2016 yang berjudul “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Dan
Praktikum Otomotif Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Program Studi TKR di SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016” http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1655
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Indra Sakti tahun 2011 dengan judul pengaruh “Pengaruh Media Animasi dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu” https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/778
Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Nini Subini. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera Pomuri, Agung Prabowo, Joubert Dame, and Shelty Sumual. “Pengaruh Efektifitas
Mengajar Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA 1 Modayag,” Jurnal Pendidikan Ekonomi 5.2 (2020)
Rahyubi,Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka CiptaSriyanti, Lilik. 2009. Psikologi Pendidikan. Salatiga: STAIN-Salatiga Press
Sriyanti, Lilik. 2009. Psikologi pendidikan. Salatiga : STAIN-Salatiga Press.
Sudarsono (2003). Menumbuhkan minat belajar untuk mencapai sukses dalam studi.
Dalam sejarah remaja Gen 2000. No. 4. Th. II. Tri Wulan IV 2003.
Sugiyono 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah Muhibbin. 2002. Psikolagi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thobroni & Mustofa, 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anggraeni Kindangen, Joubert M. Dame, Edwin Wantah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.