PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1733Keywords:
Fasilitas belajar mengajar, , minat belajar, hasil belajar siswa.Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh lembaga belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ekonomi IPS SMA Negeri 1 Amurang Barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data adalah angket (angket) dan teknik dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Pengaruh fasilitas belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh dari minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Pengetahuan tentang pengaruh persatuan dengan lembaga belajar mengajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan berbagai metode analisis regresi linier, yaitu uji simultan atau uji F dan uji parsial atau uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan: Lembaga belajar mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran bisnis di SMA Negeri 1 Amurang Barat sebesar 89,24% dengan thitung > ttabel = 7,679 > 2,001 Minat belajar memiliki efek positif dan signifikan pada hasil. Siswa kelas XI IPS mata pelajaran bisnis di SMA Negeri 1 Amurang Barat sebesar 87,25% dengan thitung > ttabel = 6,390 > 2,001 lembaga belajar mengajar dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS ekonomi skor di SMA Negeri 1 Amurang Barat adalah 93,70% dengan total fhitung > fttabel = 427.880 > 3,158.
References
Ety Rochaety dan Ratih Tresnati Latif. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muhibbin Syah. 1999. Psikologi Belajar, Jakarta: Logos.
Slameto dan Harminingsih. 2008. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Sudjana Nana. 2012. Pengertian dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 bab 1 Pasal 1. Sistem Pendidikan Nasional.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Novendi Sawat, Sophia Pongoh, Gilly M Tiwow
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.