PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1733Keywords:
Fasilitas belajar mengajar, , minat belajar, hasil belajar siswa.Abstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh lembaga belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ekonomi IPS SMA Negeri 1 Amurang Barat Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 60 orang Teknik penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data adalah angket angket dan teknik dokumentasi Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Pengaruh fasilitas belajar mengajar terhadap hasil belajar siswa Pengaruh dari minat belajar terhadap hasil belajar siswa Pengetahuan tentang pengaruh persatuan dengan lembaga belajar mengajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan berbagai metode analisis regresi linier yaitu uji simultan atau uji F dan uji parsial atau uji T Hasil penelitian ini menunjukkan: Lembaga belajar mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran bisnis di SMA Negeri 1 Amurang Barat sebesar 89 24 dengan thitung gt; ttabel = 7 679 gt; 2 001 Minat belajar memiliki efek positif dan signifikan pada hasil Siswa kelas XI IPS mata pelajaran bisnis di SMA Negeri 1 Amurang Barat sebesar 87 25 dengan thitung gt; ttabel = 6 390 gt; 2 001 lembaga belajar mengajar dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS ekonomi skor di SMA Negeri 1 Amurang Barat adalah 93 70 dengan total fhitung gt; fttabel = 427 880 gt; 3 158 < p>
References
Ety Rochaety dan Ratih Tresnati Latif 2007 Metodologi Penelitian Bisnis
Jakarta: PT Rineka Cipta
Muhibbin Syah 1999 Psikologi Belajar Jakarta: Logos
Slameto dan Harminingsih 2008 Faktor faktor Yang Mempengaruhi Hasil belajar Jakarta: PT Rineka Cipta
Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya
Sudjana Nana 2012 Pengertian dan Penilaian Hasil Belajar Bandung: Tarsito
Sugiyono 2009 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R D
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R D
Sugiyono 2013 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R D
Suharsimi Arikunto 2010 Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Undang undang Nomor 20 Tahun 2003 bab 1 Pasal 1 Sistem Pendidikan Nasional

ÂÂÂÂÂ