PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1734Keywords:
kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, prestasi belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan cara mengajar guru terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 46 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap. Prestasi Belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 86% dengan jumlah thitung> ttabel = 16,7108 > 2,01537. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 40% dengan jumlah thitung > ttabel = 5,4332 > 2,01537. Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado sebesar 87% dengan jumlah fhitung 103,376 > ftabel = > 3,214.
References
Abdulsyani, 2002 . Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni(2010) Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Fathurrahman M, dan Sulistyorini, 2012 . Belajar dan Pembelajaran, meningkatkan mutu pembelajaran menurut standar nasional . Yogjakarta : Gava Media
Muhibbin Syah (2001) Psikologi Belajar, Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik (2009) Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Oemar Hamalik (2011) Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Slameto 2010 Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..
Sutratinah Tirtonegoro (2001), Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, Jakarta: Bina Aksara
Zaenal Arifin, (2009) Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Depag RI
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Christilia Supit, Allen C.H Manongko, Iwan kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.