PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1734Keywords:
kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, prestasi belajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan cara mengajar guru terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 46 nbsp; orang Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner angket dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan nbsp;Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 86 dengan jumlah thitung< sub> gt; ttabel< sub> = 16 7108 gt; 2 01537 Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 40 dengan jumlah thitung < sub> gt; ttabel< sub> = 5 4332 gt; 2 01537 Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado sebesar 87 dengan jumlah fhitung < sub>103 376 gt; ftabel< sub> = nbsp; gt; 3 214 < p>
References
Abdulsyani 2002 Sosiologi Skematika Teori dan Terapan Jakarta : PT Bumi Aksara
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni 2010 Teori Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta: Ar ruzz Media
Fathurrahman M dan Sulistyorini 2012 Belajar dan Pembelajaran meningkatkan mutu pembelajaran menurut standar nasional Yogjakarta : Gava Media
Muhibbin Syah 2001 Psikologi Belajar Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik 2009 Psikologi Belajar Dan Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo
Oemar Hamalik 2011 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara
Slameto 2010 Belajar Faktor faktor yang Mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R D Bandung : Alfabeta
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2013 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sutratinah Tirtonegoro 2001 Anak Super Normal dan Program Pendidikannya Jakarta: Bina Aksara
Zaenal Arifin 2009 Evaluasi Pembelajaran Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Depag RI

ÂÂÂÂÂ