PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO

Authors

  • Iwan kandori Universitas Negeri Manado
  • Allen C.H Manongko
  • Christilia Supit Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1734

Keywords:

kondisi sosial ekonomi keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan cara mengajar guru terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 46  orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan  Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap. Prestasi Belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 86% dengan jumlah thitung> ttabel = 16,7108 > 2,01537. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Manado sebesar 40% dengan jumlah thitung > ttabel = 5,4332 > 2,01537. Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Manado sebesar 87% dengan jumlah fhitung 103,376 > ftabel =  > 3,214.

References

Abdulsyani, 2002 . Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni(2010) Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Fathurrahman M, dan Sulistyorini, 2012 . Belajar dan Pembelajaran, meningkatkan mutu pembelajaran menurut standar nasional . Yogjakarta : Gava Media

Muhibbin Syah (2001) Psikologi Belajar, Jakarta: Bumi Aksara

Oemar Hamalik (2009) Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Oemar Hamalik (2011) Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Slameto 2010 Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Sutratinah Tirtonegoro (2001), Anak Super Normal dan Program Pendidikannya, Jakarta: Bina Aksara

Zaenal Arifin, (2009) Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Depag RI

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

kandori, I., Manongko, A. C., & Supit, C. . (2021). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 191-205. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1734

Issue

Section

Articles