PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDY ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.2935Keywords:
Status Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa.Abstract
nbsp;< p>
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 73 nbsp; orang Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner angket dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : 1 Status Sosial Ekonomi dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 95 12 dengan jumlah thitung< sub> gt; ttabel< sub> = 37 181 gt; 1 99394 2 Bimbingan Belajar Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 92 04 dengan jumlah thitung < sub> gt; ttabel< sub> = 28 654 gt; 1 99394 3 Status Sosial Ekonomi dan Bimbingan Belajar Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 96 43 dengan jumlah fhitung < sub>126 617 gt; ftabel< sub> = nbsp; gt; 3 127 < p>
Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi Bimbingan Belajar Orang Tua Motivasi Belajar Siswa < em>< strong>< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong> nbsp;< p>
This study aims to determine the effect of socio economic status and parental tutoring on student motivation in class XI of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung This research method is a survey method with a sample of 73 people The technique used in data collection is a questionnaire questionnaire and documentation technique The research results were analyzed using multiple linear regression analysis simple correlation analysis and multiple correlation analysis The results of this study show: 1 Socio Economic Status and significant learning motivation of class XI students of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung by 95 12 with a total of tcount gt; ttable = 37 181 gt; 1 1 99394 2 Guidance Parental learning has a positive and significant effect on learning motivation of class XI students of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung by 92 04 with a number of tcount gt; ttable = 28 654 gt; 1 99394 3 Socio Economic Status and Parental Tutoring have a positive and positive effect on Significant to the learning motivation of class XI students of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung by 96 43 with a total of 126 617 gt; ftable = gt; 3 127< p>
Keywords: Shopping Orientation Buying Experience Online Buying Interest < em>< strong>< p>
References
Amti Erman Prayitno 2014 Dasar dasar Bimbingan dan Konseling Jakarta:PT Rineka Cipta
Asih Ramila 2010 Pengaruh Motivasi Belajar dan Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA AnNur Pekanbaru Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau Pekanbaru
Diah Novianti 2013 Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Asertivitas dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial di SMA N 3 Pangkalpinang Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Dimyati Mudjiono 2013 Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Hermawan Bimbingan Belajar orang tua 2010:36 38
Purwanto 2016 Evaluasi motivasi Belajar Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan 2010 Skala Pengukuran Variabel variabel Penelitian Bandung: Alfabeta
Darwin Bangun 2008 Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Pestasi Belajar Ekonomi Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 5 Nomor 1 April 2008: 74 94Dewa Ketut Sukardi 2008 Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Jakarta: PT Rineka Cipta 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

ÂÂÂÂÂ