PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDY ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 BITUNG

Authors

  • Agnes Rooroh Universitas Negeri Manado
  • Consuslasia Korompis Universitas Negeri Manado
  • Veina Venesya Israel Fekon Unima

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.2935

Keywords:

Status Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa.

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 73  orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Status Sosial Ekonomi dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 95,12% dengan jumlah thitung > ttabel = 37,181 > 1,99394 (2) Bimbingan Belajar Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 92,04% dengan jumlah thitung > ttabel = 28,654 > 1,99394 (3) Status Sosial Ekonomi dan Bimbingan Belajar Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa kelas XI Program Study Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bitung sebesar 96,43% dengan jumlah fhitung 126,617 > ftabel =  > 3,127.

Kata Kunci : Status Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar Orang Tua , Motivasi Belajar Siswa.

 

ABSTRACT 

This study aims to determine the effect of socio-economic status and parental tutoring on student motivation in class XI of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung. This research method is a survey method with a sample of 73 people. The technique used in data collection is a questionnaire (questionnaire) and documentation technique. The research results were analyzed using multiple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study show: (1) Socio-Economic Status and significant learning motivation of class XI students of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung by 95.12% with a total of tcount > ttable = 37,181 > 1, 1,99394 (2) Guidance Parental learning has a positive and significant effect on learning motivation of class XI students of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung by 92.04% with a number of tcount > ttable = 28,654 > 1,99394 (3) Socio-Economic Status and Parental Tutoring have a positive and positive effect on Significant to the learning motivation of class XI students of the Office Administration Study Program at SMK Negeri 1 Bitung by 96.43% with a total of 126,617 > ftable = > 3,127

Keywords: Shopping Orientation,Buying Experience,Online Buying Interest.

References

Amti, Erman &Prayitno.2014 Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Asih Ramila. 2010. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA AnNur Pekanbaru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Diah Novianti. 2013. ”Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Asertivitas dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial di SMA N 3 Pangkalpinang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Dimyati &Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hermawan Bimbingan Belajar orang tua(2010:36-38)

Purwanto. (2016). Evaluasi motivasi Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Darwin Bangun. 2008. "Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Pestasi Belajar Ekonomi". Jurnal Ekonomi dan Pendidikan , Volume 5 Nomor 1, April 2008: 74-94Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Additional Files

Published

2021-12-28

How to Cite

Rooroh, A. ., Korompis, . C. ., & Israel, V. V. (2021). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDY ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK N 1 BITUNG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 350-360. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.2935

Issue

Section

Articles