Strategi Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Rani Tiara Sari Universiitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3159

Keywords:

Blended Learning, Moodle, Independent Learning

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi blended learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru AKL, guru OTKP, dan 3 perwakilan siswa OTKP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan guru sama yaitu jika online guru akan memberikan materi dan tugas pada Moodle. Guru juga memberikan waktu untuk mengerjakan tugas dan melakukan absensi.

Kata kunci: Blended Learning, Moodle, Pembelajaran Mandiri

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the Moodle-based blended learning strategy to increase learning independence in business economics subjects at SMKN 2 Tulungagung. This research uses qualitative research. The informants of this research were the vice principal of the curriculum division, AKL teacher, OTKP teacher, and 3 OTKP student representatives. The data collection techniques of this research are interviews and documentation. The results of this study are the strategies used by the teacher are the same, namely if online the teacher will provide materials and assignments on Moodle. The teacher also gives time to do assignments and make attendance.

Keywords: Blended Learning, Moodle, Independent Learning

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.

Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Bariah, S. H., An, K., & Imania, N. (2018). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA JURUSAN. 4(September).

Dwinata, E. (2020). Blended learning in teaching orthodontics. BRIGHT: A Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature., 3(1), 46–55.

Fatimah, Mardani, R. M., & Wahono, B. (2017). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 51–69.

Fitriasari, P., & Sari, N. (2017). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK. 2010.

Hidayati, P. I. (2016). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MATAKULIAH MIKROBIOLOGI. 890–897.

Iwan Kandori, (2021) https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/1936 APPLICATION OF ANDROID-BASED DIGITAL LEARNING MEDIA AND E-LEARNING LEARNING MODEL ON STUDENTS' LEARNING INTEREST IN CLASS X OFFICE ADMINISTRATION SMK NEGERI 2 TONDANO

Istiningsih, S., & Hasbullah. (2015). BLENDED LEARNING , TREND STRATEGI PEMBELAJARAN MASA DEPAN. 1(1), 49–56.

Mawahdah, Z. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNINGDI KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 . Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi: Jambi.

Mayasari, F., Santoso, S., & Octoria, D. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL. 2(3), 148–161.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Onta, M. R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). ANALISIS KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI BLENDED. 5(1),

–23.

Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). ANALISIS KESALAHANDALAM MENYELESAIKANSOAL MATERI TERMODINAMIKA PADA SISWA SMA. 3, 1–4.

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156–168. https://doi.org/10.21009/jtp1803.2

Wahyuni, R. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended learning pada mata kuliah matematika ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81.

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

Tiara Sari, R. ., & Anasrulloh, M. (2021). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021 . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 142-150. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3159

Issue

Section

Articles