Strategi Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020 2021

Authors

  • Rani Tiara Sari Universiitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3159

Keywords:

Blended Learning, Moodle, Independent Learning

Abstract

nbsp;< strong>< p>

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi blended learning berbasis Moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bisnis di SMKN 2 Tulungagung Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif Informan penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum guru AKL guru OTKP dan 3 perwakilan siswa OTKP Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan guru sama yaitu jika online guru akan memberikan materi dan tugas pada Moodle Guru juga memberikan waktu untuk mengerjakan tugas dan melakukan absensi < p>

Kata kunci: Blended Learning Moodle Pembelajaran Mandiri< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This study aims to determine the Moodle based blended learning strategy to increase learning independence in business economics subjects at SMKN 2 Tulungagung This research uses qualitative research The informants of this research were the vice principal of the curriculum division AKL teacher OTKP teacher and 3 OTKP student representatives The data collection techniques of this research are interviews and documentation The results of this study are the strategies used by the teacher are the same namely if online the teacher will provide materials and assignments on Moodle The teacher also gives time to do assignments and make attendance < p>

Keywords: Blended Learning Moodle Independent Learning< strong>< p>

References

Abdullah W 2018 Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran

Fikrotuna 7 1 855 866 https: doi org 10 32806 jf v7i1 3169

Bariah S H An K Imania N 2018 IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA JURUSAN 4 September

Dwinata E 2020 Blended learning in teaching orthodontics BRIGHT: A Journal of English Language Teaching Linguistics and Literature 3 1 46 55

Fatimah Mardani R M Wahono B 2017 PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING 51 69

Fitriasari P Sari N 2017 IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK 2010

Hidayati P I 2016 OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MATAKULIAH MIKROBIOLOGI 890 897

Iwan Kandori 2021 https: ejurnal mapalus unima ac id index php jpe unima article view 1936 APPLICATION OF ANDROID BASED DIGITAL LEARNING MEDIA AND E LEARNING LEARNING MODEL ON STUDENTS LEARNING INTEREST IN CLASS X OFFICE ADMINISTRATION SMK NEGERI 2 TONDANO

Istiningsih S Hasbullah 2015 BLENDED LEARNING TREND STRATEGI PEMBELAJARAN MASA DEPAN 1 1 49 56

Mawahdah Z 2021 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNINGDI KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID 19 Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi: Jambi

Mayasari F Santoso S Octoria D 2016 UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL 2 3 148 161

Munir 2012 Pembelajaran Jarak jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Alfabeta

Onta M R 2018 Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017 2018 Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rizqi A A Suyitno H Sudarmin 2016 ANALISIS KEMEMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI BLENDED 5 1

23

Sari D M Surantoro Ekawati E Y 2013 ANALISIS KESALAHANDALAM MENYELESAIKANSOAL MATERI TERMODINAMIKA PADA SISWA SMA 3 1 4

Sutisna A 2016 Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar JTP Jurnal Teknologi Pendidikan 18 3 156 168 https: doi org 10 21009 jtp1803 2

Wahyuni R 2019 Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended learning pada mata kuliah matematika ekonomi Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL QALASADI 3 2 76 81

Additional Files

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Guru Dalam Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMKN 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2020 2021 . (2021). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 142 150. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3159