PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 MAHASISWA SEMESTER VIII UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3160Keywords:
Online Learning, Parental Attention, Passion for LearningAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran daring terhadap semangat belajar selama masa pandemi covid 19; 2) Mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap semangat belajar selama masa pandemi covid 19; 3)Mengetahui pengaruh model pembelajaran daring dan perhatian orangtua terhadap semangat belajar selama masa pandemi covid 19.
Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, yaitu berjumlah 96 mahasiswa dari berbagai prodi . Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisa data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linier berganda yaitu Y = 87,062 + 0,069 + 0,474. Dari hasil analisis Uji t terbukti besar nilai thitung < ttabel yaitu sebesar 0,481 < 1,985 untuk variabel model pembelajaran daring. Sedangkan untuk variabel perhatian orangtua memiliki nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,431 > 1,985, Apabila thitung < ttabel, maka nilai hipotesis nol (H0) di terima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan dari hasil kedua variabel diatas bahwa tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran daring (X1) terhadap semangat belajar (Y) sedangkan pada variabel perhatian orangtua (X2) memiliki pengaruh terhadap semangat belajar (Y) mahasiswa semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021.
Sedangkan hasil dari analisis Uji F, berdasarkan data menunjukkan bahwa Fhitung (3,192) > Ftabel (3,09) dan tingkat signifikan 0,046 < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 dalam penelitian ini di tolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel model pembelajaran daring (X1) dan perhatian orangtua (X2) terhadap semangat belajar (Y) semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021
Koefisien determinasi variabel bebas (Adjusted R Square) adalah 0,044 atau sumbangan efektif dari kedua variabel bebas yaitu pengaruh model pembelajaran daring dan perhatian orangtua yaitu 28,8% terhadap semangat belajar dan sisanya sebesar 72,2% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Perhatian Orang Tua, Semanagat Belajar.
ABSTRACT
This study aims to determine 1) the effect of online learning models on the spirit of learning during the covid 19 pandemic; 2) Knowing the effect of parental attention on the spirit of learning during the COVID-19 pandemic; 3) Knowing the influence of online learning models and parental attention on the spirit of learning during the COVID-19 pandemic.
The sample in this study were some students in the VIII semester of the University of Bhinneka PGRI Tulungagung, which amounted to 96 students from various study programs. Methods of data collection using a questionnaire. Analysis of quantitative data in this study using multiple linear regression formula, namely Y = 87,062 + 0.069 + 0.474. From the results of the t-test analysis, it is proven that the value of tcount < ttable is 0.481 < 1.985 for the online learning model variable. As for the parental attention variable, the value of tcount > ttable is 2.431 > 1.985. If tcount < ttable, then the null hypothesis (H0) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected. Thus, it can be concluded from the results of the two variables above that there is no influence between the online learning model (X1) on the spirit of learning (Y) while the parental attention variable (X2) has an influence on the enthusiasm for learning (Y) of semester VIII students at Bhinneka University PGRI Tulungagung. Teaching 2020/2021.
Meanwhile, the results of the F test analysis, based on the data, show that Fcount (3.192) > Ftable (3.09) and a significant level of 0.046 <0.05 so that the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Therefore, it can be concluded that H0 in this study is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence between the online learning model variables (X1) and parental attention (X2) on the spirit of learning (Y) semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Academic Year 2020/2021
The coefficient of determination of the independent variable (Adjusted R Square) is 0.044 or the effective contribution of the two independent variables, namely the influence of online learning models and parental attention, which is 28.8% on enthusiasm for learning and the remaining 72.2% is explained by other variables not examined.
Keywords: Online Learning, Parental Attention, Passion for Learning.
References
Glasser, J. P. (n.d.). MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DIPERGURUAN TINGGI PADA ERA INDUSTRI 4 . 0 Jounal info, 64–71.
Ii, B. A. B. (2012). No Title.
Ii, B. A. B., Belajar, A. S., & Belajar, P. S. (2010). No Title, (2).
Iii, K., & Pringsewu, M. I. N. (2020). No Title.
Islam, U., Alauddin, N., Kabupaten, K. A., & Makassar, U. N. (2021). Semangat belajar mahasiswa pada masa pandemi covid-19, V(1), 101–113.
Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah, 4(2020), 25–34.
Iwan Kandori, (2021) https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/1936 APPLICATION OF ANDROID-BASED DIGITAL LEARNING MEDIA AND E-LEARNING LEARNING MODEL ON STUDENTS' LEARNING INTEREST IN CLASS X OFFICE ADMINISTRATION SMK NEGERI 2 TONDANO
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). D 200 , IV(2), 200–209.
Mahasiswa, P. (2020). ELSE ( Elementary School Education Journal ), 4, 100–115.
Meiza, A., Hanifah, F. S., Natanael, Y., & Nurdin, F. S. (n.d.). Analisis Regresi Ordinal untuk melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid.
ningsih, setya. (2013). PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK di SEKOLAH (Studi di SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sleman, Yogyakarta.) SKRIPSI. Skripsi, hal 1.
Riduwan. (2009). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.
Satyarini, M. D., & Widayati, S. (2020). Analisis Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, 1(2), 56–65.
Selatan, K. (2020). STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN, 27(2).
Setiawan, R. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen , Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa , Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar, 1(2), 229–243.
Siswa, M. P. (2020). Jurnal cermin , 31–40.
Studi, P., Sosiologi, P., Sosial, F. I., & Makassar, U. N. (n.d.). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19 Nur Fadhila Andini, (2020).
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Kartika Sari, Nanis Hairunisya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.